Jumat, 20 Juli 2018, 1:54
Home / NEWS / POLDA JATIM TURUNKAN 20 RIBU PERSONIL UNTUK AMANKAN ARUS MUDIK

POLDA JATIM TURUNKAN 20 RIBU PERSONIL UNTUK AMANKAN ARUS MUDIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Rapat koordinasi pengamanan arus mudik Lebaran 2017 digelar di Mapolda Jawa Timur, Kamis (15/06/2017). Pertemuan yang digelar di ruang rapat utama gedung Tribrata Polda Jatim ini dihadiri oleh perwakilan Gubernur, Jasa Raharja, Dinas Pekerjaan Umum Jatim, Pertamina dan dinas kesehatan Jawa Timur.

Kepala bidang Humas Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera SIK menjelaskan rapat koordinasi mendengarkan pemaparan dari Dinas PU Jawa Timur tentang situasi jalan di Jawa Timur.

“Pada hari min tiga akan terjadi kepadatan arus lalu lintas. Banyak kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Timur. Baik melalui jalur pantura, tengah dan selatan,” terang Frans.

Selain kepadatan, Dinas PU juga mengatakan kondisi jalan di jalur mudik ada yang masih bergelombang.

“Tapi jalannya masih bisa dilalui oleh kendaraan,” ungkap Frans.

Sedangkan pihak Pertamina akan menambah stok bahan bakar minyak di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum agar para pemudik tidak kesulitan mendapatkan bensin dan solar.

“Untuk dinas kesehatan, akan menempatkan dokter di pos – pos pengamanan Lebaran di jalur musik,” imbuh Frans.

Dari pihak kepolisian, Kapolda Jatim, Irjenpol Machfud Arifin menginstruksikan anggotanya untuk mengurai lalu lintas di titik tertentu di jalur mudik.

“Kami akan menambah jumlah personil untuk melakukan pengamanan dengan memaksimalkan anggota Polsek. Kami akan turunkan 20 ribu personil,” ungkap Frans.

Penambahan personil ini untuk mengantisipasi pasar tumpah terminal bayangan dan mengurai lalu lintas jika terjadi kepadatan arus mudik.

“Anggota polsek tidak dapat cuti dulu, untuk tugas pengamanan Lebaran,” tegas Frans.

Langkah ini tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh masyarakat dan pengguna jalan.

“Kami berharap kerjasama dari masyarakat. Kalau berjualan di pasar jangan sampai menggunakan baju jalan biar gak macet,” harap Frans. (Anggun)

Check Also

VIDEO KEGIATAN MEMBATIK MAHASISWA ASING DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kegiatan SuraBali Summer Program yang di prakarsai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *