Rabu, 26 September 2018, 19:37
Home / NEWS / ANTISIPASI LONJAKKAN PENUMPANG, JAM OPERASI BANDARA DITAMBAH

ANTISIPASI LONJAKKAN PENUMPANG, JAM OPERASI BANDARA DITAMBAH

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo sudah siap menyambut arus mudik Lebaran tahun ini. Untuk mengantisipasi lonjakkan penumpang, jam operasi Bandara Juanda akan ditambah atau diperpanjang dua jam. Sebelumnya dari pukul 04 : 55 WIB – 22 : 00 Wib menjadi 04 : 55 WIB – 00.00 WIB.

”Penambahan jam operasi tersebut, jumlah slotnya pasti lebih banyak,” kata Wendo Asrul Rose, Direktur Operasi PT Angkasa Pura (AP) I kepada wagataberita.com di Bandara Juanda, Sabtu (17/06/2017).

Menurut Wendo, data yang dimiliki PT Angkasa Pura I, ada 198 slot penerbangan yang diajukan maskapai selama arus mudik Lebaran. Dalam satu jam saja, jumlah slot yang tersedia mencapai 33. Dengan demikian, dua jam penambahan operasi Bandara Juanda bisa menampung sekitar 60 flight.

Rata – rata pesawat lepas landas dan mendarat di Bandara Juanda dua menit sekali.

Seringnya terjadi retakan di runway Bandara Juanda, juga menjadi perhatian PT AP I. Untuk mengantisipasi hal itu, dalam sehari akan dilakukan dua kali pemeriksaan landasan. Pagi dan malam hari.

Personel keamanan yang disiapkan juga lebih banyak mencapai 800 petugas keamanan dari berbagai unsur.

”Selain kenyamanan, keamanan penumpang juga harus dijamin,” tegas Wendo Asrul Rose.

Sementara itu, salah satu penumpang yang tidak mau namanya disebutkan menuturkan, pengelola Bandara Juanda harus waspada pada tiga titik pelayanan. Yakni penjagaan pintu masuk, kesiapan check – in counter, dan ruang tunggu. Apabila terjadi penambahan jumlah penumpang tidak diikuti peningkatan pelayanan di tiga titik tersebut, dikhawatirkan terjadi penumpukan antrean. ”Kendala itu bisa membuat penumpang terlambat,” ujarnya kepada wagataberita.com saat dimintai pendapatnya.

Dari tanggapan salah satu penumpang tersebut, membuat Wendo perhatian, bahkan dia juga menjelaskan kepada penumpang tersebut, bahwa nantinya di tiga titik tersebut, kesiapan Bandara Juanda cukup baik. Tidak ada antrean panjang. Namun, itu tidak boleh membuat AP I puas. Sebab, lonjakkan penumpang baru akan terjadi pekan depan, tandasnya. (Endri Soedarto/Halu)

Check Also

PERMUDAH PELAKU USAHA KANTOR PM PTSP TRENGGALEK TERAPKAN SISTEM OSS

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Setelah diterapkannya sistem One Single Submission (OSS), untuk pelayanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *