Minggu, 23 September 2018, 14:13
Home / NEWS / MUNA TERUS DITATA DAN DIBANGUN
Bupati Muna LM Rusman Emba Saat Menyerahkan Tabungan Bantuan Bedah Rumah Senin (07/08). Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

MUNA TERUS DITATA DAN DIBANGUN

WAGATABERITA.COM – MUNA. Kabupaten Muna, merupakan salah satu daerah pendorong majunya perkembangan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendati demikian, Kabupaten penghasil Jati itu, masih di bilang daerah tertinggal dari Kabupaten kabupaten lainnya yang ada di Sultra.

Di tangan Bupati Muna, LM Rusman Emba, tidak diam melihat kondisi daerahnya itu. Ia pun berusaha memperjuangkannya dengan terus membangun komunikasi kepada pemerintah pusat. Dari kementerian ke kementerian, hingga berkomunikasi langsung dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, agar daerahnya tidak menjadi sepeleh dari perkembangan kemajuan pembangunannya dengan daerah lainnya.

Dalam pertemuannya pada acara penerima bantuan Bedah Rumah dan penyerahan buku tabungan kepada masyarakat, di aula Rujab Bupati Galamapano Raha, pada Senin (07/08/2017), ia menjelaskan bahwa dirinya bersama Wakilnya Ir H Abdul Malik Ditu M.Si, terus berusaha menata sebaik mungkin daerah yang dipimpinnya itu, agar karakternya dapat terlihat.

“Saya bersama pak Malik, selama kurang lebih 11 bulan menjalankan pemerintahan ini, tidak tinggal diam. Namun apa yang menjadi kebijakan kebijakan Nasional, itu kita jemput. Seperti hari  ini, bantuan bedah Rumah adalah merupakan kebijakan Nasional. Dan apa yang akan kita lakukan untuk di Muna, walaupun belum sempurnah, tapi kita sudah mulai,” terang Bupati Muna Periode 2016 – 2021 itu, kepada masyarakatnya, seraya mengatakan Kita harus memperlihatkan Karakter Daerah kita.

Demi mengangkat harkat dan martabat daerahnya, LM Rusman Emba yang juga adalah Calon Gubernur Sultra Periode 2018 – 2023 itu berkeinginan, daerah yang dipimpinnya itu juga, bisa setara dengan daerah – daerah lainnya yang ada di Indonesia, khususnya di Sultra.

“Walau kita baru mulai, Alhamdulillah persoalan yang ada kita sudah mulai jawab. Tetapi untuk pembangunan, kita utamakan dulu keindahan Kota. Karena kota merupakan serambi Rumah Kita,” katanya.

Tak cuma persoalan pembangunannya yang ia perjuangkan, tetapi demi majunya pertumbuhan ekonomi masyarakatnya, Bupati Muna yang baru menjabat 11 bulan itu, menseiramakan program pemerintahannya dengan program Nasional dalam giat mempromosikan destinasi wisata Indonesia dengan tagline Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia. Juga dengan tagline Mai Te Wuna, ia pun melakukan komunikasi dengan perusahaan penerbangan pelat merah (GIA), untuk memperkenalkan destinasi wisata di Muna.

“Mari kita hidupkan jaringan – jaringan kita yang sudah terkomunikasi dengan baik. Kepercayaan yang utama, yang harus terjaga. Banyak daerah – daerah lainnya di Indonesia yang meminta perusahaan penerbangan Garuda  untuk masuk kedaerahnya, tetapi itu susah diberikan. Kita kurang lebih enam bulan melakukan komunikasi itu, langsung diberikan,” ucapnya.

Masyarakat Menghadiri Penyerahan Bantuan Bedah Rumah Di Galampano Muna Senin (07/08). Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

Selain memiliki Tagline Mai Te Wuna dalam mempercepat pemerataan pembangunan di Kabupaten Muna, LM Rusman Emba itu, juga dalam pencalonannya sebagai Gubernur Sultra periode  2018 – 2023 memiliki tagline Peradaban Baru dalam menata Sultra kedepannya. Namun tidak semudah membalikkan telapak tangan dalam memajukan suatu  daerah,  tetapi Cagub Sultra itu berharap kepada masyarakat agar dapat bersama – sama memajukan daerah.

“Jika yang lain dalam melakukan proses pembangunan daerahnya bertahap, tapi kita harus bisa dalam setahun merubah daerah kita. Adapun, rencana kita tak akan berhasil jika tanpa bantuan masyarakat. Walaupun belum sempurna, tapi kami terus berjuang demi harkat dan martabat daerah kita ini. Insya Allah ada bantuan – bantuan lainnya lagi, yang akan kita perjuangan,” tandasnya.

Bantuan bedah Rumah dari pemerintah pusat yang merupakan program Nasional Pemerintahan Jokowi – JK, pemkab Muna di tahun 2017 ini mendapatkan rumah sekitar 800 unit yang diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu. Adapun proses pembangunannya, masyarakat menerima langsung bantuan anggaran sebesar 15 juta rupiah per Kepala Keluarga. ( Zainal  Arifin Suyoto/Halu)

Check Also

PERHATIKAN JASA DAN PENGABDIAN PEGAWAI PADA NEGARA, PEMERINTAH SEGERA RAMPUNGKAN PPPK

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pemerintah terus memberikan perhatian bagi kepentingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *