Kamis, 28 Maret 2024, 16:09
Home / NEWS / POLITIK / PILGUB JATIM ; KHOFIFAH DAPAT DUKUNGAN NASDEM, GUS IPUL DIUSUNG PKB

PILGUB JATIM ; KHOFIFAH DAPAT DUKUNGAN NASDEM, GUS IPUL DIUSUNG PKB

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru dua orang kandidat calon Gubernur (cagub) Jawa Timur (Jatim) yang menerima rekomendasi dukungan secara resmi dari partai politik Rabu (11/10/2017).

Keduanya adalah Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menjabat Menteri Sosial (Mensos) RI, mendapat dukungan dari Partai NasDem. Dukungan NasDem itu, disampaikan langsung Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh di Jakarta.

Sementara Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat wakil Gubernur Jatim, diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai Pimpinan Muhaimin Iskandar ini secara resmi memberikan rekomendasi dukungan kepada Gus Ipul, sapaan akrab wagub Jatim itu.

SK tersebut diserahkan Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar di Novotel Surabaya, Rabu (11/10/2017). Sebelumnya SK rekomendasi dukungan itu diterima Halim Iskandasr dari Anggota Bapilu DPP PKB Faizal Rizal. SK bernomor 2347/DPP – 03/VI/A.1/X?2017 ditandatangani Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen Abdul Kadir Karding.

Pada kesempatan itu Halim Iskandar mengatakan, DPP PKB membuat SK tersebut pada tanggal 5 Oktober 2017, namun baru diserahkan secara resmi Rabu.

Pada kesempatan itu Halim Iskandar optimistis, Gus Ipul akan menang pada Pilgub Jatim 2018 mendatang. Alasannya, Gus Ipul telah mendapat dukungan dari bu Nyai dan Kiai. ‘’Kalau bu Nyai dan Kiai sudah turun, tidak ada alasan Gus Ipul tidak memenangkan Pilgub Jatim,‘’ tandasnya.

Keluarnya surat dukungan PKB itu, sudah dipastikan Saifullah Yusuf, menjadi calon Gubernur Jatim periode 2018 – 2023. PKB sendiri sebenarnya tanpa berkoalisipun, bisa mengusung kandidat cagub Jatim sendiri karena merupakan partai pemenang di Jawa Timur pada Pilcaleg 2014 lalu. PKB di DPRD Provinsi Jatim memiliki 20 kursi dengan perolehan kemenangan suara 19,10 persen.

Sementara Khofifah masih harus bekerja keras meyakinkan partai lain untuk berkoalisi dengan NasDem, memberikan dukungan kepada Khofifah, sebab kursi NasDem di DPRD Provinsi Jawa Timur belum memenuhi syarat untuk mengusung Cagub sendiri. NasDem yang baru mengikuti pemilu 2014 lalu, perolehan suaranya hanya sebesar 5 persen dengan total kursi di DPRD Jatim 4 kursi. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …