Kamis, 20 September 2018, 17:37
Home / EDUKASI / SMAN 10 SURABAYA SEGERA TERAPKAN PROGRAM HALAL

SMAN 10 SURABAYA SEGERA TERAPKAN PROGRAM HALAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sekolah  Menengah  Atas (SMA) Negeri 10 Kota Surabaya dalam waktu dekat akan menerapkan program baru, kegiatan ekstra kurikuler keagamaan bagi siswa – siswi yang beragama Islam, yakni program hafalan Alquran (Halal).

Itu disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan Usmani Haryono, saat ditemui di Surabaya, Kamis (19/10/2017).

Dia menambahkan, program tersebut bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi muslim yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya hafalan  (hafidz)  quran.

‘’Yang akan melakukan tes hafalan ini dari Kementerian Agama Kota Surabaya atau pun Provinsi Jawa Timur. Kemudian yang mengekeluarkan sertifikat hafalannya, juga oleh Kementerian Agama, ‘’ tandas  Haryono, lalu menambahkan, itu dilakukan guna mempersiapkan siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang  perguruan tinggi hafalan (hafidz)  quran.

‘’Mereka akan mendapatkan sertifikat hafidz dari Kementerian Agama Kota Surabaya atau Provinsi Jawa Timur. Dengan begitu, sertifikat mereka dapat dipergunakan masuk ke perguruan tinggi, khususnya yang konsen terhadap hafalan Al-quran.

Selama ini SMA Negeri 10 Surabaya, juga telah melakukan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang berkaitan dengan pendidikan keagamaan, khususnya umat muslim yang disebut dengan Aktivitas Pelajar Muslim (APM). Beberapa kegiatan yang dilakukan, diantaranya mengaji di sekolah, sholat berjamaah dan melaksanakan sholat Jumat bersama di mesjid  sekolah.

Tiap hari Jumat, siswa muslim pria di SMAN 10 Surabaya, melaksanakan sholat Jumat  bersama guru-guru pria yang beragama Islam di mesjid sekolah.  Sedangan siswa putri melaksanakan istiqhosah bersama guru perempuan di Aula sekolah, hingga pelaksanaan sholat Jumat selesai.

Tak hanya itu sekolah yang beralamat di Jemur Sari II Surabaya itu, juga membentuk Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI), sehingga setiap Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, juga menyelenggarakan sholat Id dan penyembelihan hewan kurban pada Hari  Raya Idul Adha.

‘’Ini semua dilakukan untuk pembentukan karater siswa yang religius, ‘’tandas Haryono, lalu menambahkan, di pagi hari, siswa-siswi muslim,  secara bersama-sama melaksanakan Sarapan dan Sholat Berjamaah (SSJ). Ini disebut dengan sholat dhuha yang dilakukan setiap pagi, pukul 8 : 15 WIB, bertepatan dengan waktu istrahat pertama. Begitu pula saat pulang sekolah, sebelum kembali ke rumah masing-masing, juga terlebih dahulu melaksanakan sholat ashar berjamaah di sekolah karena siswa pulang  sekolah suah memasuki waktu sholat ashar  serta melaksanakan kegiatan bakti sosial di sejumlah panti sosial di Surabaya. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

PERINGATI HARHUBNAS, MENHUB KATAKAN KESELAMATAN HARGA MATI TAK BISA DITAWAR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *