Jumat, 17 Agustus 2018, 23:49
Home / PROBOLINGGO / WOW’ ADA WISATA EDUKASI PERAH SUSU SAPI, DI KRUCIL
Wisata Edukasi Perah Susu Sapi Di Krucil, Jum'at (20/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

WOW’ ADA WISATA EDUKASI PERAH SUSU SAPI, DI KRUCIL

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Mengisi libur akhir pekan dengan jalan – jalan, di lokasi wisata seperti pegunungan, air terjun, ataupun danau. Rasanya sudah lumrah, dan biasa dilakukan. Namun, berbeda dengan aktivitas liburan yang satu ini. Keberanian anda, akan benar-benar diuji lantaran harus melawan rasa geli ataupun jijik, guna memperoleh perasan sapi susu murni.

“Wisata perah susu sapi Krucil” ya’ aktivitas itulah yang kini tengah dikenalkan, oleh beberapa masyarakat peternak sapi susu, yang tinggal di kawasan lereng gunung Argopuro, desa Bremi kecamatan Krucil, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jum’at (20/10/2017).

Wisata ini sengaja dibuat oleh para peternak sapi, guna mengundang daya tarik wisatawan berkunjung, ke desa Bremi kecamatan Krucil. Selain itu, tak hanya cocok untuk kalangan usia remaja dan dewasa. Wisata perah susu sapi ini, juga tepat dijadikan sarana edukasi bagi anak – anak.

Dalam aktivitasnya, pengunjung akan dibawa langsung menuju kandang sapi, yang berisi belasan hingga puluhan ekor sapi susu. Selanjutnya, Anda akan diberikan sebuah timba, sebagai wadah air susu sapi yang diperah.

Siswa Sekolah Dasar Tengah Memerah Susu Sapi, Jum’at (20/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

Meski terasa sangat menggelikan, tapi dijamin anda akan mendapatkan pengalaman, dan sensasi berbeda saat memerah susu sapi langsung. Anda juga boleh mencicipi segarnya susu asli, usai diperah.

“Asyik berwisata memerah susu sapi seperti ini, karena bisa sambil belajar. Awalnya saya tidak tahu, caranya menghasilkan susu. Tapi sekarang, sudah mengerti dan langsung mempratekkannya juga,” ungkap Anggi, salah seorang rombongan pelajar sekolah dasar, yang tengah berwisata perah susu sapi.

Sementara itu, Manager KUD Argopuro, Suloso menjelaskan, adanya wisata perah susu sapi di Krucil, bertujuan guna mengenalkan masyarakat khususnya anak-anak, tentang pentingnya fungsi susu sapi asli, bagi kesehatan tubuh manusia.

“Jadi, selain sebagai sarana wawasan dan edukasi. Masyarakat diharapkan juga bisa mengerti, proses menghasilkan susu sapi, hingga nantinya dijadikan sejumlah produk. Seperti, susu, yogurt, maupun dodol susu,” tandas Suloso. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

17 AGUSTUS PENDAKIAN SEMERU ‘FULL BOOKED’

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Mendekati puncak peringatan Hari Ulang Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *