Sabtu, 20 Januari 2018, 8:27
Home / PROBOLINGGO / RUSAK MANGROVE, WARGA NELAYAN PROBOLINGGO DEMO PROYEK TAMBAK
Demo Warga Protes Penebangan Mangrove, Jum'at (17/11/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

RUSAK MANGROVE, WARGA NELAYAN PROBOLINGGO DEMO PROYEK TAMBAK

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Ratusan warga nelayan desa Lemah Kembar, kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, melakukan aksi demo memprotes atas adanya penebangan hutan Mangrove di desa mereka, Jum’at (17/11/2017).

Warga mengutuk keras adanya penebangan hutan Mangrove, yang lokasinya berada di areal proyek pembangunan tambak, dan masih dalam tahap pengerjaan. Tak hanya itu, dalam orasinya warga menganggap penebangan hutan Mangrove, merupakan bentuk pengrusakan lingkungan.

Seperti yang disampaikan, salah seorang warga yakni Saipah. Menurutnya, adanya penebangan Mangrove bisa berdampak pada kelestarian ekosistem yang ada di lokasi tersebut.

Saipah juga menganggap perlakuan pemerintah setempat tidak adil, lantaran melarang warga menebang Mangrove sembarangan. Meskipun, yang ditebang hanya ranting pohon, dan kebutuhannya untuk pakan ternak.

“Kalo warga yang menebang mangrove pasti nantinya dihukum, tapi ini apa, ditebang sembarangan seperti ini. Ini jelas merusak lingkungan, kami minta ketegasan pihak berwajib atas kasus ini,” geram Saipah.

Sementara itu, berdasarkan informasi perangkat desa Lemah Kembar, yakni Samsul Arifin. Pemilik tambak sendiri, merupakan warga asal Surabaya. Sampai saat ini, pemilik tambak tidak pernah melakukan pertemuan dengan warga desa.

“Kami tidak mengetahui siapa yang menebang hutan Mangrove ini, tapi yang jelas tanda-tanda pengrusakan Mangrove ada, setelah proyek tambak dikerjakan,” tandas Samsul.

Meski dalam aksinya warga melakukan protes keras, atas penebangan Mangrove tersebut. Namun jalannya demo warga tanpa pengawalan Kepolisian itu, cukup berjalan tertib hingga warga akhirnya membubarkan diri. (Zulkiflie)

Check Also

PROTES, WARGA PROBOLINGGO TANAM POHON PISANG DI JALAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Kesal tak kunjung ada perbaikan, salah satu ruas jalan Kyai Abdul Hamid kelurahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *