Selasa, 12 Desember 2017, 23:14
Home / EKONOMI / SOEKARWO : DALAM PERDAGANGAN ASEAN, JATIM SURPLUS SEBESAR 1.062 JUTA DOLAR AS
Gubenur Jatim H. Soekarwo Saat Berada Di Singapura, Jumat (24/11/2017). Sumber Foto : Humas Pemprov Jatim

SOEKARWO : DALAM PERDAGANGAN ASEAN, JATIM SURPLUS SEBESAR 1.062 JUTA DOLAR AS

WAGATABERITA.COM – SINGAPURA. Dalam konteks perdagangan di ASEAN, neraca perdagangan Jawa Timur tercatat surplus US $ 1.062 juta. “Kami surplus sebesar US $404 juta dengan Singapura, Malaysia sebesar US $ 400,9, Philipina US $ 200 juta, dan Vietnam US $ 183,6 juta,” ujar Gubernur Jatim Soekarwo di depan peserta konferensi di Singapura yang terdiri dari para pengusaha dan akademisi Singapura, serta sebagian pengusaha Indonesia, Jumat (24/11/2017).

Neraca Jawa Timur hanya defisit dengan Laos dan Thailand. Jawa Timur defisit sebesar US $ 1,3 juta dan 161,2 juta karena impor produk bahan baku pupuk dan makanan ternak.

Terkait investasi, Pakde Karwo menjelaskan, Singapura menjadi negara dengan investasi terbesar di Jawa Timur. Jumlah proyek investasi Singapura sebanyak 34 buah dan berkontribusi terhadap 55,81% dari total investasi asing di Jatim sebesar Rp.39,4 trilyun. Semakin meningkatnya investasi di Jawa Timur, tidak terlepas dari suasana aman dan nyaman di provinsi ini.

Menjawab pertanyaan Prof. Than Kheee Giap, Associate Proffesor ACI tentang rahasia keberhasilan menjabat Gubernur dua kali di provinsi dengan jumlah penduduk besar, Pakde Karwo menjelaskan, dirinya melakukan melalui pendekatan kultural terhadap program – program yang dijalankannya.

Diantaranya, pro poor terhadap warga Jawa Timur yang diawal pemerintahannya sebanyak 18,51%, pro job terutama bagi pekerja unskilled yang sebagian besar di bidang pertanian dan perikanan, dan pro jender terutama di kalangan pesantren dan koperasi wanita sebesar Rp 25 – 100 juta guna mengurangi gerak lintah darat. Juga pro environment yang menjadikan vegatasi di Jawa Timur dari 28% menjadi 41% terutama melalui tanaman sengon, dan pro growth tanpa menjadikan peningkatan disparitas.

Konferensi tahunan Asia Competitiveness Institute Tahun 2017 merupakan bagian kegiatan 2017 Annual The World Bank Group – Asia Competitiveness Institute Conference on “Infrastructure yang berlangsung selama dua hari, tgl 23 – 24 November 2017. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

TINJAU EXCHANGE CENTER JATIM DI TIANJIN

WAGATABERITA.COM – TIONGKOK. Sekretaris Daerah Jawa Timur, H. Akhmad Soekardi membuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *