Sabtu, 22 September 2018, 7:04
Home / EKONOMI / PLT BUPATI TRENGGALEK BUKA PELATIHAN AKUNTANSI PRAKTISI
Plt Bupati Trenggalek Buka Pelatihan Akuntansi Praktisi Untuk Koperasi Dan UMKM Di Pendapa Agung Manggala Praja Nugraha.

PLT BUPATI TRENGGALEK BUKA PELATIHAN AKUNTANSI PRAKTISI

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Ikatan Akuntansi Indonesia – Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI – KPAPD) wilayah Jawa Timur, menggelar pengabdian masyarakat berupa pelatihan akutansi praktisi untuk 50 pelaku koperasi dan UMKM Trenggalek. Bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin.

Ketua bidang pengabdian masyarakat, Zaenal Fanani menyampaikan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini perkembangan akuntansi bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Trenggalek agar dapat mengembangkan usahanya dengan menggunakan akutansi.

“Sebelum ada RAT sepatutnya untuk melakukan audit keuangan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan antara anggota dan pengurus, dengan demikian tugas seorang akuntansi sangat erat berhubungan dengan kepengurusan keuangan baik di koperasi dan UMKM,” terang Zaenal, Jum’at (23/02/2018).

Terpisah, Plt Bupati Trenggalek meminta agar pelaku Koperasi dan UMKM yang hadir untuk melakukan tertib catatan keuangan.

“Catatan itu merupakan bekal kita untuk mempertanggung jawabkan ketika kita mau memperluas dan ketika mendapat order yang lebih banyak,” ungkap Arifin.

Pihaknya berharap agar Pemkab Trenggalek melalui Dinas Koperindag dan UMP memfasilitasi auditor kolektif dan kalau bisa bekerjasama dengan IAI.

“Jadi tugasnya pemerintah yang menyiapkan budgeting untuk auditor dan auditor tersebut bertugas untuk mengaudit salah satu koperasi atau UMKM, sudah aman atau belum catatan keuangannya, karena hal itu nantinya juga akan membantu memberikan kepercayaan pihak perbankan dan semakin memberikan kepercayaan anggota untuk terus melakukan simpan pinjam di koperasi tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, suami Novita Hardiny ini juga mengingatkan kepada pelaku koperasi dan UMKM bahwa mengenal akuntansi kita akan berdisiplin, sehingga bisa membedakan antara uang rumah dan mana uang toko. Fokusnya bagaimana usahanya tumbuh dan berkembang dulu, jika sudah tumbuh dan berkembang apa yang diinginkan pasti terpenuhi. (Ayu Mila Sari)

Check Also

PAPARKAN POLA PENGAMANAN, KAPOLRES TRENGGALEK GUNAKAN METODE FTG

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S memaparkan pola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *