Senin, 22 Oktober 2018, 8:38
Home / EKONOMI / TEMBUS 5,88% KOTA PROBOLINGGO LAMPAUI NILAI PERTUMBUHAN EKONOMI JATIM
Kantor Pemkot Probolinggo, Selasa (27/03/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

TEMBUS 5,88% KOTA PROBOLINGGO LAMPAUI NILAI PERTUMBUHAN EKONOMI JATIM

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Ditengah lesunya pertumbuhan ekonomi global, Pertumbuhan ekonomi di kota Probolinggo, Jawa Timur, Justru cenderung mengalami peningkatan. Hal itu didasarkan pada pencapaian pertumbuhan ekonomi, Mulai periode 2015 hingga 2017.

Dalam kurun waktu sekitar 3 tahun itu, Tercatat mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 0,34%. Bahkan, Pada tahun 2016 lalu tercatat naik sebesar 5,88%. Angka tersebut diketahui lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur, yang hanya 5,57%. Dan untuk angka pertumbuhan tahun lalu sebesar 5,9%.

Sementara itu, Untuk pendapatan Perkapita kota Probolinggo. Tercatat ada sekitar Rp. 35,2 juta per orang per tahun, Angka tersebut relatif cukup baik dibanding sejumlah daerah lain di Jatim.

Naiknya pertumbuhan ekonomi kota Probolinggo itu, Langsung mendapatkan tanggapan positif Walikota Probolinggo, Rukmini. Ia mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut. Menurutnya kunci sukses atas pencapaian itu, Tercipta melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Dimana Musrenbang sendiri, Merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi. Berembug antar Stakeholder, baik pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat yang menjadi momentum penting dalam mengakomodir usulan-usulan pembangunan dari bawah.

“Selama tiga tahun ini, banyak hal yang telah dicapai dalam meningkatkan kualitas pembangunan Kota Probolinggo. Diantaranya pertumbuhan ekonomi yang positif ditengah lesunya ekonomi global,” Ujar Rukmini, Selasa (27/03/2018).

Lanjut Rukmini menyampaikan, Jika meningkatkannya pertumbuhan ekonomi itu, Turut berimbas pada peningkatan kualitas pembangunan manusia. Dijelaskannya nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Probolinggo, Kini mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,5% per tahun. Selain itu, angka kemiskinan tahun 2014 – 2017 juga mengalami penurunan sebesar 2,07% per tahun. (Zulkiflie)

Check Also

BEGAL MOTOR T – O POLDA JATIM DITEMBAK

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Pelaku begal motor Amin bin Nopokor (27), warga Desa Sumendi, Kecamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *