Jumat, 29 Maret 2024, 13:40
Home / NEWS / BUDE KARWO BANGGA PAMEKASAN JADI PASAR BATIK DUNIA

BUDE KARWO BANGGA PAMEKASAN JADI PASAR BATIK DUNIA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pencetusan Pamekasan sebagai Pasar batik dunia membuat bangga Bude Karwo. Diketahui Ada sekira 103 perajin batik di Pamekasan. Hal tersebut tidak lepas dari peran serta para perajin batik Pamekasan yang terus giat membuat batik dengan ciri khas sendiri. Dan juga, adanya Paguyuban Sekar Jagad yang ikut mempromosikan batik Pamekasan di setiap kegiatan yang diselenggarakannya. “Keistimewaan batik Pamekasan adalah harga yang murah dan model yang banyak. Agar bisa bersaing di pasar global harus ada standarisasi,” tutur Bude Karwo.

Sementara itu Gusti Kanjeng Bendoro, Raden Ayu Adipati Pakualam menuturkan pembatik Pamekasan sungguh luar biasa dengan karya yang hebat. Hal itu diwujudkan ketika diadakan salah satu pameran batik di DIY. Banyak masyarakat yang antusias akan batik Pamekasan. “hal tersebut merupakan wujud bahwa Batik Pamekasan bisa menjadi warna baru dalam batik dunia,” ungkapnya.

Wanita yang juga sebagai Penasehat Paguyuban Sekar Jagad itu mengajak untuk meningkatkan sinergitas untuk kemajuan batik Indonesia. Jangan sampai batik diakui milik negara lain. Sebagai contoh Malaysia dan Brunei mulai mencontoh batik Indonesia. “Hal tersebut menjadi tantangan kita untuk terus membatik dengan kreasi yang lain,” tambahnya. (Red)

Check Also

BEGINI KEGIATAN WISUDA UNSURI TAHUN 2023

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Universitas Sunan Giri Surabaya Jl. Brigjend Katamso Sidoarjo berhasil