Jumat, 21 September 2018, 1:35
Home / SPORT / TAK HANYA FISIK, FAKTOR KECERDASAN DAN KESEHATAN ATLIT MERUPAKAN UPAYA RAIH PRESTASI

TAK HANYA FISIK, FAKTOR KECERDASAN DAN KESEHATAN ATLIT MERUPAKAN UPAYA RAIH PRESTASI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo saat membuka Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Jatim Tahun 2018 di Hotel Utami Sidoarjo, Selasa (08/05/2018) sore.

Melalui kesempatannya Pakde Karwo menyampaikan, dalam era perkembangan teknologi seperti saat ini, pengembangan olahraga tak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan latihan fisik semata. Upaya meraih prestasi para atlet harus melalui perencanaan matang, salah satunya dengan memperhatikan faktor kecerdasan dan kesehatan para atlet sejak usia dini.

Menurut Pakde Karwo, selain kedua hal tersebut, mentalitas seorang atlet juga harus menjadi bagian penting. Seperti kata pepatah, ‘menssana in corporesano’, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Ini menjadi basis dari revolusi mental. Ada hubungan yang tidak bisa dipisahkan antara badan sehat dan pikiran yang sehat,” katanya.

Untuk itu, ia menyambut baik upaya yang dilakukan KONI Provinsi Jatim yang bekerjasama dengan beberapa universitas dalam mengembangkan pendidikan para atlet, salah satunya dengan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Tak hanya itu, ia juga mengusulkan konsep restrukturisasi dalam pengembangan sektor olahraga di Jatim. Dimana Dispora Jatim harus fokus terutama dalam merekrut calon atlet mulai usia PAUD.

“Atlet Jatim harus menjadi juara baik tingkat Nasional maupun dunia karena mereka berbeda dibanding yang lain, atlet Jatim memiliki semangat bertarung dan tidak kenal menyerah, achievement mereka luar biasa,” katanya.

Ditambahkannya, untuk mengembangkan prestasi olahraga juga harus diperhatikan faktor internal yakni bakat dan motivasi. Serta, faktor eksternal melalui peningkatan kualitas pelatih, sarana prasarana, dan penerapan sport science.

Pakde Karwo juga mengusulkan kepada KONI Provinsi Jatim untuk menjamin terlaksananya pelatihan yang berkualitas dan menjalin kerjasama sinergis dengan stakeholder seperti pengprov cabang olahraga, pemerintah (Dispora kabupaten/kota), klub olahraga dan KONI kabupaten/kota.

“Saya yakin dengan semangat kejuangan luar biasa maka berkibarnya merah putih di ASIAN Games mendatang 70 persen – nya berasal dari atlet Jatim,” katanya. (Red)

Check Also

PARADE OBOR ASIAN PARA GAMES DITERIMA PERTAMA OLEH ARMINSYAH DI KALBAR

WAGATABERITA.COM – PONTIANAK. Estafet Obor Asian Para Games 2018 pada Prosesi Pelepasan Torch Relay Parade, akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *