Senin, 28 Mei 2018, 11:51
Home / NEWS / POLITIK / JELANG PILPRES 2019, BAWASLU TRENGGALEK GELAR SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF
Pelaksanaan Sosialisasi Oleh Bawaslu Trenggalek Di Hall Hotel Jaaz.

JELANG PILPRES 2019, BAWASLU TRENGGALEK GELAR SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Trenggalek gelar sosialisasi terkait pengawasan partisipatif Pemilihan Umum DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPRD RI, DPD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Bertempat disalah satu Hall di Hotel Jaaz Kabupaten Trenggalek, kegiatan ini melibatkan seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Non Govermental Organization (NGO) yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Agus Trianta mengajak kepada seluruh stakehorlder terkait untuk berperan aktif dalam kepengawasan Pemilu Gubernur Jawa Timur tahun. “Sosialisasi ini merupakan salah satu ajang untuk mengajak para stakeholder terkait dalam rangka melakukan pengawasan menjelang Pemilu tahun 2018 – 2019, baik pemilu Legislatif maupun pemilu Presiden,“ ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (14/05/2018).

Dijelaskan Agus sapaan akrabnya, sosialisasi ini dimaksudkan selain Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) juga ada gerakan sipil dalam pengawasan Pemilu yang mampu menularkan gerakan pengawasan partisipatif pemilu khususnya kepada anggotanya masing – masing.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar dalam partisipatif pengawasan Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang, terlebih di Kabupaten Trenggalek akan tercapai pelaksanaan pemilu yang aman, tertib, dan kondusif.

“Dari beberapa undangan yang hadir dalam kesempatan ini juga diharapkan agar mereka untuk mendistribusikan maupun mensosialisasikan undang – undang kepada masyarakat. Apakah terkait syarat – syarat pemilih yang bijaksana demi mewujudkan demokrasi yang adil dan sejahtera. Dan hal inilah yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat di Trenggalek pada umumnya,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga turut mengundang sejumlah aparat penegak hukum seperti TNI/Polri dimana peran serta jajaran aparat penegak hukum ini sangat memberikan kontribusi yang positif dalam perjalanan Pilgub tahun 2018.

Pihaknya juga berharap agar kedepannya, sinergitas antar stakeholder dalam rangka menjadikan Pemilu yang aman, tertib dan kondusif ini bisa berjalan tanpa adanya kendala yang berarti.

“Jika dalam Pilgub ini adalah kontestasinya di tingkat provinsi, sedankan Pileg dan Pilpres ada di sekililing kita semua. Maka dari itu, Panwaslu Kabupaten Trenggalek berupaya semaksimal mungkin untuk merangkul seluruh masyarakat termasuk peran dari Bhabinkamtibmas, babinsa yang nantinya kita ajak untuk bersama – sama mendistribusikan kepada masyarakat terkait undang – undang dan menserukan untuk menjaga kerukunan,“ imbuh Agus.

Seperti yang diketahui bahwa dalam kontestasi Pilgub Jatim 2018 ini, salah satu calon berangkat dari Kabupaten Trenggalek. Pihaknya mengatakan bahwa Kabupaten Trenggalek cukup menjadi fokus pengawasan baik ditingkat Provinsi maupun Jatim mengingat calon wakil Gubernur yang merupakan warga asli Kabupaten Trenggalek.

“Saya melihat partisipasi masyarakat tinggi, kesadaran demokrasinya pun juga tinggi sehingga nantinya dalam pemilihan yang akan dilaksanakan bisa berjalan jujur, adil dan bermartabat, “ pungkasnya.

Perlu diingat bahwa pelaksanaan pemilu bukan sekedar ajang ceremonial politik, melainkan pengawasan partisipatif dari masyarakat akan membuahkan pesta demokrasi yang aman dan kondusif sehingga terwujud tatanan negara yang diinginkan. (Ayu Mila Sari)

Check Also

TAK SESUAI AGENDA, DPRD TRENGGALEK TUNDA RAPAT PARIPURNA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Dinilai tidak sesuai agenda yang telah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *