Senin, 18 Juni 2018, 12:53
Home / EKONOMI / INFORMASI DIGITAL RAW MATERIAL TERSEDIA AKAN MEMPERKUAT INDUSTRI

INFORMASI DIGITAL RAW MATERIAL TERSEDIA AKAN MEMPERKUAT INDUSTRI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo menghadiri acara Kegiatan Akses Keuangan Syariah Melalui Shiar, Inkubasi Bisnis Syariah, dan aplikasi Digital Berbasis Masjid (Aksi Shiyam) di Ball Room, Hotel JW Marriot, Surabaya, Kamis (07/06/2018).

Melalui kunjungannya Pakde Karwo sapaan lekat Gubernur Jatim berkeinginan pembangunan digital ekonomi juga memasukkan informasi digital tentang raw material dalam proses produksi. Hal ini penting dilakukan, agar digital ekonomi tidak hanya mengedepankan proses bisnis/tradingnya saja namun lebih ke proses pemenuhan bahan mentahnya.

“Dalam proses digital ekonomi jika yang dipentingkan adalah proses tradingnya maka kita hanya akan jadi market atau lahan jualan produk – produk tempat lain,” terang Pakde Karwo.

Menurut Pakde Karwo, jika informasi digital raw material ini sudah tersedia maka akan memperkuat industri. Selama ini, permasalahan Industri di Jatim maupun di Indonesia adalah adanya keterbatasan bahan mentah. Oleh karena itu, lewat digital raw material saat ada kebutuhan sistem akan dibuka dan ketersedian bahan baku bisa diakses lewat website. “Jika proses digital raw material berjalan efektif maka akan bisa mengurangi impor dan ada barang pengganti dari dalam negeri, sehingga neraca perdagangan kita bisa surplus,” tuturnya.

Pakde Karwo menambahkan, pada tahun 2017 PDRB Jatim mencapai 219 trilyun dan government spendingnya hanya sekitar 7,52 persen, sedangkan sebesar 92,48 persennya berasal dari masyarakat. Dari total PDRB yang diperoleh tersebut 54,98 persennya ditopang oleh UMKM. Oleh sebab itu, potensi besarnya UMKM yang dimiliki Jatim ini harus dikembangkan sebagai pembuat produk bukan hanya sekedar trader. “Inkubasi untuk UMKM ini bukan hanya bisnis atau dagang tapi inkubasinya bagaimana memproses bahan baku untuk industri,” imbuh orang nomor satu di Jatim ini. (Red)

Check Also

WOW, KEMACETAN DI TOL NGAWI – SURABAYA MENAKJUBKAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Hari Raya Idul Fitri selalu di rayakan masyarakat Indonesia dengan melakukan mudik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *