Jumat, 17 Agustus 2018, 10:09
Home / EDUKASI / PROGRAM KUALIFIKASI GURU MADIN AGAR MENJADI TENAGA PENGAJAR KOMPETEN DAN PROFESIONAL

PROGRAM KUALIFIKASI GURU MADIN AGAR MENJADI TENAGA PENGAJAR KOMPETEN DAN PROFESIONAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya dan 35 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) mendatangi Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dengan maksud melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama antara Pemprov Jatim yang terkait program peningkatan kualitas guru madin, yang bertempat di Ruang Bhinaloka Adhikara, Kantor Gubernur Jawa Timur, Rabu (08/08/2018).

Dalam laporannya, Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim, Dr. Ir. Jumadi, M.MT mengatakan, program kualifikasi akademik guru madin di Jatim ini bertujuan agar para guru memiliki kualifikasi akademik S – 1 dan kompetensi dasar sehingga mampu menjadi tenaga pengajar yang kompeten dan profesional.

Menurutnya, mulai 2006 sampai 2015, penyelenggaraan program peningkatan kualitas guru madin ini dilaksanakan oleh PTKIS yang memiliki empat program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Sampai dengan tahun 2017, lanjutnya, jumlah peserta program ini sebanyak 10.952 orang dan yang sudah lulus sebanyak 8.715 guru madin. Sementara untuk tahun ini peserta berjumlah 1.015 orang yang akan memulai perkuliahan pada September mendatang.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim, Saiful Rachman dan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Masdar Hilmy S.Ag, M.A, Ph.d selaku koordinator Kopertais Wil. IV Surabaya. (Red)

Check Also

MERUJUK AMANAT UNDANG – UNDANG PEMPROV JATIM ALOKASI 30,40 PERSEN ANGGARAN PENDIDIKAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo membacakan summary jawaban eksekutif atas pemandangan umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *