Jumat, 21 September 2018, 13:48
Home / EKONOMI / BISNIS / JATIM DUDUKI PERINGKAT PERTAMA KEMUDAHAN BERBISNIS DIBANDING WILAYAH INDONESIA LAINNYA

JATIM DUDUKI PERINGKAT PERTAMA KEMUDAHAN BERBISNIS DIBANDING WILAYAH INDONESIA LAINNYA

WAGATABERITA.COM РSINGAPURA. Dihadapan akademisi, praktisi ekonomi se Asia, Gubernur Jawa Timur Dr. H Soekarwo memamerkan kemudahan berbisnis di Jatim atau ease of doing business pada saat menjadi Keynote Speaker pada acara 2018 Asia Economic Forum, The World Bank Group РAsia Competitivenes Institute (ACI), di Gedung Oei Tiong Ham Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapura, Rabu (29/08/2018).

Dipaparkan juga Berdasarkan hasil penelitian Lee Kuan Yew Institute (LKYI) Singapura, Jatim menduduki peringkat pertama sebagai wilayah yang memiliki kemudahan berbisnis dengan nilai 1.795 diatas Provinsi Jabar, Jateng, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

Kondisi itu, tidak terlepas dari usaha Pemprov Jatim dalam memberikan layanan terbaik kepada dunia usaha dalam berbisnis. Hasil pemeringkatan kemudahan berbisnis oleh LKY Institute itu, dilakukan pada penelitian di bulan April hingga September 2017 yang mengacu pada tiga indikator yang diambil yakni daya tarik bagi investor, keramahan bisnis, dan kebijakan kompetitif.
Kagumi Jatimnomics, jelas Pakde Karwo panggilan lekatnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur ACI Bapak Prof. Tan Khee Giap menjelaskan bahwa Jatim sangat terkenal dengan konsep Jatimnomicsnya. Karenanya, ACI sengaja mengundang sekaligus mendengar tentang konsep dan skema yang dilakukan Jatim yang menjadi hubungan dari Indonesia Bagian Timur lanjutnya, merupakan salah satu provinsi sangat maju di Indonesia selain Jakarta.

“Kami mengundang Bapak Gubernur ke Singapura karena konsep Jatimnomics bisa dilakukan dan sangat efektif dengan penduduk yang besar Dibandingkan dengan Singapura yang hanya memiliki jumlah penduduk sebesar 5 juta penduduk,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Pusat Pengembangan Kota Singapura, WBG Ibu Jyoti Shukla mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari masukan bedasarkan kajian isue tentang daya saing, ekonomi, infrastruktur, kesejahteraan hingga isue pembangunan dunia terutama asia.

“Forum ini membahas tentang daya saing, pertumbuhan ekonomi makro, infrastruktur hingga keterkaitan antara satu sektor dengan sektor lainnya. Terutama sinergi antara negara satu dengan yang lain seperti Jatim ini,” ungkapnya.

Setelah melakukan konferensi internasional ini akan, hasil yang dicapai dapat di publish melalui kajian dari lembaga peneliti di ACi untuk dibahas dan disampaikan dalam bentuk pertimbangan kepada pemerintah.

Turut hadir dari berbagai delegasi dan negara antara lain Direktur Penelitian Institut of Strategic and International Studies (ISIS) Malaysia Dr. Hezri Adnan, Staf Ahli Comite Nasional untuk kerjasama Ekonomi Pasific Vietnam Dr. Vo Tri. Thanh, Bank Dunia Ms. Fataoma Toure Ibrahima, Direktur Institute Of Economic Growth India Dr. Manoj Panda.

Ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur ke Singapura antara lain, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Plt. Bappeda Provinsi Jatim dan Karo Perekonomian Setdaprov Jatim. (Ref)

Check Also

SAAT PUISI ESAI MENDENGAR SUARA DARI SABANG

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Bagi seorang penulis (sastra maupun popular)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *