Jumat, 19 April 2024, 14:38
Home / SURABAYA / ERUPSI GUNUNG BERAPI
Ilustrasi Gunung meletus. (Google)

ERUPSI GUNUNG BERAPI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Erupsi Gunung Berapi belakangan marak terjadi di Indonesia. Gunung berapi yang meletus mengakibatkan sebagian Bandara Internasional dan Nasional ditutup. Beberapa gunung berapi yang terjadi Erupsi diantaranya :

1. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi 1 agustus lalu menyemburkan abu vulkanik 2 kali hanya berselang sekitar 5 menit. Semburan debu vulkanis di perkirakan mencapai ketinggian hingga 2000 M disertai aliran Magma. Hembusan abu Vulkanis mengikuti hembusan angin kearah selatan. Warga dihimbau untuk tidak masuk ke zona merah Sinabung karena aktifitas Sinabung masih cukup tinggi dan diperkirakan erupsi masih bisa terjadi kembali.

2.  Erupsi berikutnya Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Erupsi yang terjadi pada hari Senin lalu (1/8) pada pk 11:50 WIT, menyemburkan abu Vulkanis ke arah selatan. Dengan alasan keselamatan penerbangan akibat erupsi Gunung Rinjani, pihak bandara Angkasa Pura 1 menutup semua kegiatan Bandara di bandara Internasional Lombok Praya.

3. Erupsi selanjutnya terjadi pada Gunung Gamalama Ternate.

Erupsi menyemburkan abu Vulkanis setinggi 250 M. Data Sesmograf Vulkanologi penanggulangan bencana gunung Gamalama telah terjadi sedikitnya, 7 Gempa Tektonik jauh, 2 gempa tektonik lokal dan 1 gempa Vulkanis yang diperkirakan terjadi mulai Rabu sore (3/8) sampai Kamis pagi (4/8). Akibatnya sejumlah wilayah tersembur abu Vulkanis diantaranya Kecamatan Gabesi Mangga Dua dan Kecamatan Jati Ternate selatan. Bandara Sultan Babulah di Ternate Utara juga ditutup hinga hari Sabtu (6/8). Warga dihimbau tenang dan tetap Waspada, tidak mendekat area Gamalama dalam radius 1,5 KM. (wagataberita. com)

Baca Juga:

    Check Also

    SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

    WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan