Jumat, 29 Maret 2024, 12:27
Home / EKONOMI / SEKTOR PERIKANAN BERKOTRIBUSI BESAR TERHADAP PDRB JATIM
Sekda Pemprov Jatim Akhmad Sukardi Saat Membuka Konsultasi Publik Sektor Perikanan Di Hotel Oval Surabaya, Baru - baru Ini. Sumber Foto : Haludin Ma’waledha

SEKTOR PERIKANAN BERKOTRIBUSI BESAR TERHADAP PDRB JATIM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sektor kelautan dan perikanan punya andil besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur. Jumlahnya mencapai Rp 41,89 triliun atau sebesar 2,48 persen, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur Dr Ir Heru Tjahyono kepada wagataberita.com, Kamis (11/05/2017).

Kata Heru, kapada wagataberita.com Kamis (11/05), pihaknya saat ini terus mendorong percepatan pembangunan di sektor kelautan dan perikanan sebagai langkah untuk pemberdayaan potensi hasil perikanan di Jawa Timur. Baik itu budaya ikan maupun hasil tangkapan nelayan pesisir.

Salah satu upaya kongkret dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan adalah melakukan pemetaan zona potensi ikan laut di perairan Jawa Timur, namun terlebih dahulu melakukan Konsultasi publik terkait zonasi sebagai penunjang kebijakan rencana strategis pembangunan kelautan dan perikanan di Jatim, Selasa (09/05) di Surabaya, kata Heru.

Acara itu dibuka Sekda Pemprov Jatim Akhmad Sukardi yang dihadiri utusan dari berbagai kabupaten kota se Jawa Timur.

Data yang ada di Jawa Timur pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun 2016 lalu, mencapai 5,58 persen. Ini tidak terlepas dari kontribusi dari sektor kelautan dan perikanan, tandas Heru.

Jawa Timur memiliki 38 kabupaten/kota, dari jumlah itu 22 kabupaten berada di kawasan pesisir. Sementara luas laut 54.118 Km2, garis pantai 3.498,13 Km dan terdapat 438 pulau – pulau kecil. ‘’Ini semua merupakan wilayah strategis untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan,‘’ kata Akhmad Sukardi. yang menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi, lanjut nya. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan