Rabu, 24 Oktober 2018, 8:36
Home / BONDOWOSO / 17 NEGARA IKUTI EVEN INTERNASIONAL TRAIL RUNNING 2017 BONDOWOSO
Pelepasan Peserta Lomba Lari Di Lokasi Star. Sumber Foto : Zulkiflie

17 NEGARA IKUTI EVEN INTERNASIONAL TRAIL RUNNING 2017 BONDOWOSO

WAGATABERITA.COM – BONDOWOSO. Ratusan pelari dari 17 negara, mengikuti lomba lari Maraton pegunungan menaklukkan ganasnya alam dataran tinggi di pegunungan Ijen, Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Minggu (21/05/2017).

Sebanyak 467 peserta, dari 17 negara turut meramaikan event Internasional Trail Running yang digelar di kawasan dataran tinggi Ijen. Selain berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, peserta juga berasal dari sejumlah negara – negara di benua Asia, dan Eropa. Diantaranya, yaitu Malaysia, Vietnam, Perancis, Singapura, Belgia serta beberapa negara bagian di benua Amerika.

Ijen Trail Running, merupakan lomba lari Maraton melintasi medan terjal pegunungan. Di tahun 2017 ini, lomba terbagi menjadi 4 kategori. Yaitu, kategori 21 kilometer dengan 191 peserta, kategori 42 kilometer diikuti 172 peserta, 70 kilometer 69 peserta dan rute baru 100 kilometer dengan 32 peserta. Rute tersebut merupakan kelas Ultra yang diikuti oleh para profesional.

Khusus untuk kategori 100 k, diperkirakan estimasi waktu terlama sekitar 28 jam, karena jauhnya jarak tempuh, serta medan yang dilalui oleh peserta juga sangat ekstrim.

Dalam event kali ini, peserta mendaki puncak ijen dengan cara berlari melawan dinginnya suhu yang mencapai 2 derajat celcius. Masing – masing kategori, mengambil start dan finish di lapangan kebun Kalisat, kecamatan Ijen Bondowoso. Selain peserta harus melewati medan terjal pegunungan, mereka juga menyusuri kawasan hutan lindung milik perhutani dan perkebunan kopi milik PTPN.

Tak hanya diikuti oleh para profesional, Trail Running kali ini, juga diikuti beberapa pelari pemula, dengan tujuan menikmati indahnya alam pegunungan Ijen. “Ya ikut lomba lari ini, cukup menyenangkan. Selain bisa berolah raga juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan Ijen,” kata Rizki Adam, peserta lomba.

Panitia Lomba, Yudian Firmansyah menyampaikan, event ini merupakan tahun ke 3 dilakukan di Bondowoso, dan masuk dalam kalender tahunan Asia trail Master. Peserta yang masuk kualifikasi, nantinya berkesempatan mengikuti World Trai Master Running kelas Dunia.

“Di event kali ini persiapkan matang dengan menyiapkan rute, serta penempatan petugas Marshal sangat diperhitungkan panitia, karena rute para Runner hampir seluruhnya adalah hutan,” terang Yudian. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

FESTIVAL EGRANG, MENTERI YOHANA KATAKAN AJANG HAK ANAK UNTUK KREATIVITAS

WAGATABERITA.COM – JEMBER. Festival Egrang Ke – 9 di laksanakan di Tanoker Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *