Selasa, 4 Oktober 2022, 1:34
Home / SURABAYA / PEMENUHAN HAK DISABILITAS DALAM PEMILUKADA JATIM, PENGHORMATAN TERHADAP KEMANUSIAAN DAN DEMOKRASI
Surokim Abdussalam. Sumber Foto : Dok Pribadi

PEMENUHAN HAK DISABILITAS DALAM PEMILUKADA JATIM, PENGHORMATAN TERHADAP KEMANUSIAAN DAN DEMOKRASI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Bagi KPU memenuhi kebutuhan pemilu bagi penyandang disabilitas bukan semata – mata demi meningkatkan partisipasi, tetapi lebih dari itu merupakan bentuk penghormatan terhadap hak dan kemanusiaan serta demokrasi.

Itu dikemukakan Surokim Abdussalam, pengamat komunikasi politik dari Universitas Trunojoyo Madura.

“Mereka itu memiliki mata bathin yang lebih tajam dari kita, jadi jangan dipandang sebelah mata, mereka juga berhak mendapat fasilitasi sebagai bentuk penghormatan dan respek kita kepada kemanusiaan, HAM dan juga demokrasi,” ujar Surokim yang juga peneliti senior di Surabaya Survey Center (SSC).

Selama ini KPU masih dinilai kurang serius dan hanya menganggap pemenuhan fasilitas penyandang disabilitas sekedar sebagai upaya mengugukan kewajiban tanpa memahami roh dan essensi dari partisipasi para penyandang disabilitas.

“Itu artinya kita memberi harapan dan keyakinan bahwa negeri ini diikat oleh kebersamaan dan solidaritas termasuk melalui pemilu, agar jangan sampai pemilu ini melebarkan jurang perbedaan, tetapi justru sebagai sarana mempererat solidaritas dan soliditas anak bangsa,” tambahnya.

Surokim lebih lanjut berharap agar KPU bersungguh – sungguh memenuhi kebutuhan sarana pemilu bagi kelompok ini sebagai bagian dari bentuk penghormatan dan memberi harapan akan kebaikan politik di masyarakat. Sekaligus sebagai bagian dari upaya mengembalikan marwah politik sarana kebajikan meraih kebaikan bersama yang selalu menjunjung tinggi virtue keberadaban dan kemanusiaan. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

AKAN KAH PANDEMI JADI ENDEMI BEGINI KABARNYA

WATABERITA.COM – MOJOKERTO. Pemerintah Pusat berencana merubah Kebijakan mengenai pelaku perjalanan