Minggu, 18 November 2018, 6:48
Home / ENTERTAINMENT / EVENT / SOSIALISASI BUDAYA SADAR BENCANA MELALUI PAGELARAN WAYANG KULIT
Pagelaran Wayang Kulit Yang Digelar Oleh BNPB Kabupaten Trenggalek Di Halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

SOSIALISASI BUDAYA SADAR BENCANA MELALUI PAGELARAN WAYANG KULIT

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Cara unik sosialisasi budaya sadar bencana dilakukan oleh BNPB di Kabupaten Trenggalek, Sabtu (30/09/2017). Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Sumantri Kusumayuda sebagai bentuk cara sosialisasi budaya sadar bencana.

Pemilihan Trenggalek dalam pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Purbo Asmoro ini, karena dianggap Pemerintah Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu daerah yang serius serta peduli akan bencana.

“Trenggalek merupakan Kabupaten atau Kota keempat lokasi digelarnya pagelaran wayang ini. Selain untuk melestarikan budaya warisan leluhur, cerita yang dibawakan nantinya terdapat unsur edukasi tentang kesadaran bencana,” ucap Rita Simatupang selaku Kabid Humas BNPB.

Diharapkan, dengan digelarnya pagelaran wayang kulit ini masyarakat dapat sadar dan tanggap akan bencana yang sewaktu-waktu bisa melanda. “Bahkan sadar bencana ini diharapkan tidak hanya sebatas tahu saja melainkan diharapkan bisa membudaya, sehingga dalam waktu dan kondisi bencana apapun mereka dapat siap dan tanggap melakukan evakuasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada pagi harinya sosialisasi budaya sadar bencana sudah diawali BNPB. Guru dan pelajar SDN I hingga SDN IV Ngadirenggo dibekali ilmu budaya sadar bencana. Pasalnya Desa Ngadirenggo Pogalan dan empat SD ini merupakan daerah rawan banjir.

Selain itu, disampaikan oleh Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, topografi Trenggalek yang berupa perbukitan membuat daerah ini rawan bencana mulai dari banjir, tanah longsor, tanah gerak hingga kekeringan.

Dengan kondisi ini, diharapkan Emil masyarakat bisa sadar dan mau peduli akan potensi bencana ini, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri sewaktu-waktu bila bencana terjadi. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

TINGKATKAN PAD, DINAS PARIWISATA TRENGGALEK NAIKAN HARGA TIKET KAWASAN WISATA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah di Kota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *