Rabu, 24 Oktober 2018, 8:06
Home / NEWS / BANYAK KEUNGGULAN, SAPI NGGALEKAN SIAP DIKEMBANGBIAKKAN
Jenis Sapi Nggalekan Yang Akan Dikembangkan Di UPT Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Trenggalek. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

BANYAK KEUNGGULAN, SAPI NGGALEKAN SIAP DIKEMBANGBIAKKAN

WAGATABERITA.COM -TRENGGALEK. Jenis sapi unggulan khas kota Tempe Kripik yang tak lain adalah Sapi Nggalekan memiliki banyak keunggulan ketimbang sapi jenis lainnya. Meski populasi sapi Nggalekan masih cukup minim dan dikatakan hampir punah, akan tetapi sapi jenis ini memiliki banyak kualitas yang perlu untuk dikembangbiakkan.

Di tahun 2014 lalu, populasi sapi Nggalekan hanya tercatat di angka 11 ekor saja. Melihat hal tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek berupaya untuk melestarikan keberadaan sapi unggulan khas Trenggalek dengan cara mengembangbiakkan.

Dikonfirmasi mengenai keunggulan sapi Nggalekan yang saat ini populasinya masih sangat minim, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek mengungkapkan bahwa sebelumnya sapi Nggalekan merupakan sapi Panggulan yang hanya ada di wilayah Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. “Sapi Nggalekan ini merupakan sapi Panggulan yang dahulu ya hanya ada di wilayah Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Yang selanjutnya menyebar dan banyak masyarakat yang memelihara sapi jenis ini,” kata Mastuki, Senin (11/12/2017).

Lebih lanjut, karena kakek nenek buyut terdahulu lebih memilih menyembelih sapi Nggalekan saat ada acara adat karena memiliki porsi yang pas, akhirnya tak hanya sapi Nggalekan jantan yang disembelih melainkan yang betina pula akhirnya membuat populasi sapi jenis ini semakin menghilang dan hampir punah.

Oleh karenanya, sampai saat ini jika ada masyarakat Trenggalek yang memiliki sapi jenis ini, Dinas terkait akan membeli sapi tersebut dan akan dikembangbiakkan di UPT yang ada di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.

“Untuk keunggulan yang ada pada jenis sapi Nggalekan ini utamanya adalah mampu beradaptasi dengan berbagai jenis pakan. Apapun pakan yang diberikan, bahkan dedaunan kering sekalipun sapi Nggalekan ini masih bisa memakannya. Selain itu sapi jenis ini juga tahan terhadap penyakit menular, dan juga memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, ” imbuhnya.

Mastuki juga menerangkan bahwa sapi Nggalekan memiliki daging yang sangat empuk, dan hampir menyerupai daging ayam. Meski postur tubuh sapi Nggalekan ini hanya berkisar maksimal 350 – 400 kilogram saja, namun banyak sekali keunggulan yang ada pada sapi jenis ini.

Pihaknya mengaku lebih memilih melestarikan sapi Nggalekan karena sapi ini merupakan salah satu aset di Trenggalek dan memiliki banyak kelebihan ketimbang sapi – sapi impor atau sapi jenis apapun.

“Selanjutnya kami akan terus melakukan upaya – upaya penyelamatan akan keberadaan sapi Nggalekan ini. Agar populasi sapi Nggalekan bisa dikembangkan dan jauh dari kata punah,” pungkas Mastuki. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

GERTAK RAIH PIALA EMAS GOOD PRACTICE AWARDS – OTONOMI AWARDS 2018 JATIM

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *