Selasa, 23 Oktober 2018, 21:59
Home / PASURUAN / MENRISTEKDIKTI HARAP KESENIAN BERKORABORASI AGAR MEMILIKI NILAI TAMBAH DAN BERMANFAAT BAGI PARIWISATA

MENRISTEKDIKTI HARAP KESENIAN BERKORABORASI AGAR MEMILIKI NILAI TAMBAH DAN BERMANFAAT BAGI PARIWISATA

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. kegiatan pembukaan Festival Kesenian Indonesia (FKI) X di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan Kabupaten Pasuruan Sabtu (07/07/2018) malam yang dihadiri Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, ikut hadir dalam acara Menteri Riset dan Teknologi (Menristekdikti) Prof. M. Nasir Ph.d. berikut siaran pers Plt. Kepala Biro Humas Dan Protokol, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, Minggu (08/07/2018).

Dalam sambutannya Menristekdikti, Prof. M. Nasir Ph.d. menegaskan bahwa kesenian Indonesia hendaknya berkolaborasi dengan dibas pariwisata, travel, dan perguruan tinggi seni sehingga menjadi sebuah industri pariwisata unggulan. Jika perlu, sektor industri kesenian bisa dimasukkan dalam mata kuliah di masing – masing perguruan tinggi seni di Indonesia.

Keberadaan seni, lanjutnya, harus bisa memiliki nilai tambah dan manfaat pada pariwisata Indonesia. Caranya, dengan berkolaborasi dengan pihak – pihak tersebut terselenggara agenda kesenian rutin.

“Jika itu dilakukan, saya optimis seni dapat hidup serta memberi pertunjukan kepada wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. “Kita akan dorong dan buat agenda tahunan agar seni dapat berkembang dan seluruh negeri menjadi damai,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan cinderamata dari Gubernur Jatim kepada Menristekdikti. Selain itu, Menristekdikti juga menyerahkan cinderamata kepada sembilan perguruan tinggi negeri seni. Diantaranya Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, Intitute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Banda Aceh, Tanah Papua, Bandung dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Yogyakarta, Surakarta, Denpasar Bali, STKW dan Institut Kesenian Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Wakil Walikota Pasuruan dan Malang serta, Konjen Jepang di Surabaya, Wakil Konjen RRT di Surabaya, serta kepala OPD di jajaran Pemprov. Jatim. (Red)

Check Also

WALAU TAK DIHADIRI PRESIDEN, ANAK TETAP SEMANGAT IKUTI PERINGATAN HAN

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. Puncak perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 yang diperingati setiap 23 Juli dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *