Kamis, 13 Desember 2018, 22:23
Home / PASURUAN / CANDRA WILWATIKTA TERDAPAT BANYAK PENINGGALAN SEJARAH LELUHUR YANG BERAGAM SUKU DAN AGAMA, HIDUP BERDAMPINGAN

CANDRA WILWATIKTA TERDAPAT BANYAK PENINGGALAN SEJARAH LELUHUR YANG BERAGAM SUKU DAN AGAMA, HIDUP BERDAMPINGAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Siaran pers Plt. Kepala Biro Humas Dan Protokol, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, Minggu (08/07/2018) memberi informasi kegiatan pembukaan Festival Kesenian Indonesia (FKI) X di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan Kabupaten Pasuruan Sabtu (07/07/2018) malam yang dihadir Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo.

Dalam kesempatannya Pakde Karwo sapaan Gubernur Jatim tersebut menjelaskan posisi Taman Candra Wilwatikta yang berada dibawah kaki Gunung Penanggungan, dan terdapat 122 candi di area ini. Keberadaan candi ini menunjukkan adanya nilai sejarah yang diwariskan oleh para leluhur. “Disekitar taman ini, terdapat Candi Jawi yang mempresentasikan Candi Hindu – Budha. Itulah hakekat kebudayaan dari leluhur kita,” imbuhnya.

Majapahit, tambah Pakde Karwo, telah memberikan contoh cara hidup berdampingan dalam keberagaman. Dalam buku Sutasoma yang dikarang Mpu Tantular ditulis tentang Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangruwa, yakni keberagaman hidup nusantara yang terdiri dari beragam suku dan agama di Indonesia, yang hidup secara rukun berdampingan.

Dalam kitab ini, lanjut Pakde Karwo, juga disebutkan bendera merah putih Indonesia, yang berasal dari kata “gulo klopo,” yakni gula karena warna kemerah – merahannya dan kelapa yang bewarna putih. (Red)

Check Also

INILAH 10 POINT SUARA ANAK INDONESIA 2018 DIRUMUSKAN DI FORUM ANAK MASIONAL

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. Setelah mengikuti kegiatan Forum Anak Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *