Kamis, 13 Desember 2018, 22:22
Home / PASURUAN / KEBUDAYAAN BASIS MENJADIKAN NEGARA MAJU DAN KUAT

KEBUDAYAAN BASIS MENJADIKAN NEGARA MAJU DAN KUAT

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. Acara pembukaan Festival Kesenian Indonesia (FKI) X di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan Kabupaten Pasuruan Sabtu (07/07/2018) malam, hadir dalam acara Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, informasi yang disiarkan Plt. Kepala Biro Humas Dan Protokol, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, Minggu (08/07/2018).

Dalam sambutan selamat datang, Pakde Karwo panggilan akrabnya mengatakan Kebudayaan merupakan basis yang menjadikan negara menjadi maju, kuat, dan berdaya saing. Indonesia, khususnya Jatim, selain berbasis kebudayaan juga diperkuat nilai – nilai spiritual yang ada.

Sebab itu lanjut Pakde Karwo menjaga kelestarian seni dan budaya serta kearifan lokal seperti penyelenggaraan FKI, turut serta memperkokoh suasana harmoni di provinsi ini. Demikian pula, pelestarian seni, budaya, dan kearifan lokal tersebut juga memperkuat keguyuban, kerukunan, dan sekaligus penghargaan terhadap perbedaan. “Lewat seni dan budaya lah suasana batin yang kotor bisa dibasuh,” ungkapnya.

Ditambahkan, basis kebudayaan dan spiritual juga ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia yang melaksanakan mudik bertemu dengan saudara di desa. “Terdapat 20 juta orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman membawa nilai kebersamaan dan kekeluargaan. Inilah basis kebudayaan, spiritual dengan di dalamnya terdapat nilai kultur yang baik,” imbuhnya.

Dihadapan Menristekdikti, rektor perguruan tinggi seni se Indonesia dan pegiat seni dan budaya yang hadir, Pakde Karwo menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan FKI. Alasannya, antara lain pagelaran seni dan budaya yang ditampilkan merupakan inisiatif luar biasa dalam mendukung Indonesia menjadi damai, dingin, dan harmoni. (Red)

Check Also

INILAH 10 POINT SUARA ANAK INDONESIA 2018 DIRUMUSKAN DI FORUM ANAK MASIONAL

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. Setelah mengikuti kegiatan Forum Anak Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *