Sabtu, 17 November 2018, 17:50
Home / NEWS / 96 LEMBAGA DI KOTA PROBOLINGGO KEBAGIAN DANA HIBAH

96 LEMBAGA DI KOTA PROBOLINGGO KEBAGIAN DANA HIBAH

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. 96 lembaga mulai pendidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan diberikan dana hibah oleh Pemerintah Kota Probolinggo.

Naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), pada APBD Perubahan tahun 2018, ditandangani langsung Walikota Probolinggo, hj Rukmini.

Menurut Rukmini, pemberian dana hibah merupakan stimulan kepada segenap organisasi sosial kemasyarakatan.

Dana hibah adalah bukti nyata dari Pemerintah Kota Probolinggo yang selalu berupaya memberikan perhatian maksimal bagi segenap warga, melalui organisasi sosial kemasyarakatan dan lembaga.

“Proses pencairan dana hibah daerah, merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah daerah dengan semua komponen yang ada. Tujuannya memberdayakan masyarakat secara optimal melalui program kegiatan yang produktif dan inovatif, tidak teralokasikan pada organisasi perangkat daerah,” kata Rukmini.

Rukmini mencontohkan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Probolinggo yang mengajukan tambahan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan Pekan Olah Raga Kota Probolinggo, dimana akan dilangsungkan mulai 7 Nopember 2018.

“Dikarenakan pada anggaran induk KONI ada kekurangan, sehingga minta tambahan pada perubahan APBD 2018. Yang kemarin mendapatkan hibah sebagian, dan sebagian hari ini,” tukasnya.

Walikota Rukmini meminta, laporan penggunaan dana hibah harus diserahkan. Laporan akhir tahun harus diserahkan kepada DPPKAD sebagai pertanggung jawaban anggaran yang sudah diterima.

“Nanti dikhawatirkan, secara sampling BPK menelusuri bantuan – bantuan tersebut kepada lembaga – lembaga. Untuk itu, saya berharap 96 lembaga yang menerima dana hibah hari ini bisa tertib membuat laporan,” harapnya.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Imanto menyampaikan, bahwa tujuan pemberian hibah, salah satunya meringankan beban biaya operasional lembaga pendidikan, PAUD, SD/MI, SMP/MTs  swasta dan bantuan pendidikan Diniyah dan guru swasta yang ada di Kota Probolinggo.

“Dana hibah ini juga sebagai motivasi bagi guru – guru, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah,” terangnya, Kamis (01/11/2018). (Zulkiflie)

Check Also

HADIRI SEMINAR KEJAKSAAN, PAKDE KARWO MINTA HUKUM HARUS MEMILIKI KEPASTIAN DAN KEADILAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pelaksanaan Seminar Nasional dengan tema “Otoritas Pusat di Kejaksaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *