Rabu, 21 Agustus 2019, 7:40
Home / NEWS / PEMKOT DIHARAP DAPAT MEMILAH MANA KELOMPOK LUDRUK PROFESIONAL DAN AMATIR
Pemeran Ludruk

PEMKOT DIHARAP DAPAT MEMILAH MANA KELOMPOK LUDRUK PROFESIONAL DAN AMATIR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Ini yang disampaikan Meimora ketua sanggar kelompok Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara saat mengadakan konferensi Pers Kamis (25/04/2019) malam bertempat di sanggar Ludruk THR Surabaya dengan maksud agar Ludruk terus dapat berkembang.

Dalam kesempatan ini Meimora mengatakan, “Kesenian Ludruk.di Surabaya ini banyak yang interest menjadi bagian dari mengembangan bakat dan melestarikan, persoalannya adalah ketika tidak ada Policy dari Pemerintah Kota untuk melakukan bersama – sama dengan masyarakat dalam menjaga kelestarian kesenian ini,” katanya.

Ludruk Milenials

“Di Surabaya banyak Sanggar sehingga Pemerintah Kota menganggap semua harus di Ayahi, ini yang jadi persoalan karena publik tak akan melihat pertunjukan yang tidak intens, Ludruk ini bukan pertunjukkan yang berhenti, ini adalah pertunjukan yang megikuti jaman, contoh nya teman – teman milenials ini memberikan sentuhan baru sehingga menarik,” paparnya.

Meimora berharap Pemerintah memperhatikan masalah kesenian Ludruk ini dan memberikan Policy agar Ludruk ini memiliki satu kekuatan yang utuh sesuai ruhnya, agar anak – anak generasi berikutnya dapat membedakan mana kesenian Ludruk mana yang bukan, “harus ada yang segera merumuskan teori Ludruk ini menjadi sebuah genre akting tersendiri atau pertunjukan yang dimiliki Jawa Timur, kalau tidak maka akan terjadi kecelakaan moral dimana tidak ada rumusan bagaimana akting Ludruk sehingga anak – anak penerus salah memahami karena saat ini anak – anak kita selalu di arahkan melakukan pendekatan pada teori – teori barat,” jelasnya.

Sedangkan Abi Rafdi Furqon selaku ketua panitia dan pencetus ide cerita yang diangkat dalam Ludruk ini menjelaskan, “Ludruk adalah kesenian yang harus terus dikembangkan agar menarik dan banyak peminatnya sehingga dapat dijadikan ajang bisnis industri hiburan yang menggiurkan karena saat ini masih belum banyak pesaingnya,” paparnya.

Diketahui segera akan digelar pagelaran Ludruk yang berkoraborasi dengan Mahasiswa Unair yang akan diselenggarakan pada hari Minggu (28/04/2019) pada pukul 09 : 00 WIB di Aula Fajar Notonegoro (Fakultas Ekonomi Bisnis) Universitas Airlangga Jl. Airlangga No 4 – 6 Surabaya dengan judul Ludruk “Aladin 1001 Malam Di Surabaya.” (Juliman)

Check Also

REDAM PENGGUNA NARKOBA JADI LEBIH SENIOR KEPALA BNNP SETUJU JATIM MILIKI RS REHABILITASI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gerakan anti narkoba terus digaungkan oleh Badan