Jumat, 19 April 2024, 2:44
Home / MAKASSAR / PERINGATAN HAN 2019 MENTERI YOHANA MINTA ANAK AMBIL KESEMPATAN LAKUKAN HAL POSITIF
Menteri Yohana bersama Menteri Keluarga Turki

PERINGATAN HAN 2019 MENTERI YOHANA MINTA ANAK AMBIL KESEMPATAN LAKUKAN HAL POSITIF

WAGATABERITA.COM – MAKASSAR. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise yang akrab disapa Mama Yo datang ke Lapangan Karebosi, Makassar didampingi Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dan Menteri Keluarga, Tenaga Kerja, dan Layanan Sosial Republik Turki H.E. ZEHRA ZÜMRÜT SELCUK yang disambut anak – anak Indonesia yang memutar – mutar alat permainan khas Makassar, katto’ – katto’ Selasa (23/07/2019).

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) setiap 23 Juli ini dirayakan ribuan anak yang berkumpul di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan HAN 2019 dengan berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak 19 Juli 2019 dan dibukanya pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) 2019 oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

“Hai, Hallo.” sapa Menteri Yohana, “Saya mewakili Presiden RI, Bapak Joko Widodo mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional 2019. Kita anak Indonesia, kita gembira. Sungguh suatu kesempatan yang luar biasa hari ini kita bisa merayakan Hari Anak Nasional yang juga dihadiri Menteri Keluarga, Tenaga Kerja, dan Layanan Sosial Republik Turki,” tutur Menteri Yohana.

Anak – anak harus menjadi fokus utama pembangunan. Mereka punya hak yang sama untuk hidup dan berkembang secara optimal, merasakan lingkungan yang aman, nyaman, dan bahagia. Negara harus mempersiapkan kualitas anak – anak karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin masa depan kata Menteri Yo dalam sambutannya.

Menteri Yo berpesan, “Anak – anak manfaatkan kesempatan dengan baik untuk melakukan hal – hal positif. Belajarlah yang rajin, banyak membaca buku, rajin beribadah, hormat kepada orang tua, sayangi sesama teman, dan teruslah berprestasi. Kemudian kepada seluruh orang tua dan keluarga Indonesia, jaga dan lindungi anak – anak agar tetap semangat, ciptakan lingkungan agar mereka merasa aman, nyaman, dan bahagia.”

Sementara Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan anak adalah masa depan bangsa yang harus menjadi prioritas pembangunan. Mereka harus dilibatkan sebagai subjek dalam pembangunan.

Menteri Yohana Bersalaman pada anak – anak pada peringatan HAN 2019 Makassar.

Diteruskan Nurdin “Pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya berkomitmen meningkatkan upaya sinergis dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Semua harus berperan, termasuk guru dan keluarga. Mari bersama ciptakan Indonesia yang perduli dan ramah anak, berikan ruang kepada anak untuk berinovasi dan berkreasi,” ujarnya.

Dengan tema “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak.” ini dipilih karena Kemen PPPA ingin membangkitkan kepedulian, kesadaran, dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia untuk menciptakan keluarga yang memiliki pola pengasuhan yang berkualitas, berwawasan, keterampilan, dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Pada peringatan HAN 2019 ini Pemerintah Indonesia melalui Menteri PPPA dan Pemerintah Republik Turki melalui Menteri Keluarga, Tenaga Kerja, dan Layanan Sosial Republik Turki menandatangani kesepakatan terkait pengembangan dan peningkatan kerjasama program pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan layanan sosial. Kesepakatan kerjasama ini akan berlangsung selama dua tahun sejak ditandatangani. (Red)

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …