Selasa, 16 April 2024, 11:41
Home / MALANG / KABAKORWIL HARAP WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DUKUNG PENGENTASAN KEMISKINAN
Rakor Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Rangka Penyediaan Pangan Di Tingkat Rumah Tangga, di Ruang Semeru, Kantor Bakorwil PP III Provinsi Jatim Malang.

KABAKORWIL HARAP WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DUKUNG PENGENTASAN KEMISKINAN

WAGATABERITA.COM – MALANG. Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Kabakorwil PP) III Provinsi Jatim di Malang, Benny Sampir Wanto membuka Rakor Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Rangka Penyediaan Pangan Di Tingkat Rumah Tangga, di Ruang Semeru, Kantor Bakorwil PP III Provinsi Jatim di Malang, Jl. Ijen 2 Kota Malang, Kamis (25/07/2019).

Dalam kesempatannya Benny sapaan akrabnya mengatakan ketahanan pangan keluarga dapat mendukung pengentasan kemiskinan. Oleh karena itu pihaknya mendorong agar para pemangku kepentingan di wilker III untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga, “caranya antara lain dinas pertanian di Kabupaten/Kota menyiapkan program – program penciptaan penguatan ketahanan pangan keluarga,” ujarnya.

Benny melanjutkan jajaran PKK Kabupaten/Kota melakukan sosialisasi atas pengetahuan yang diperolehnya dalam rakor untuk disampaikan ke jajaran dasa wisma dan posyandu. Bakorwil PP III sendiri, akan melakukan monev terhadap tindak lanjut kegiatan rakor ini.

Mantan Karo Humas dan Protokol Pemprov Jatim ini menjelaskan Income perkapita penduduk Jatim tahun 2018 lalu cukup besar yakni mencapai US $ 4,3 ribu atau setara +- Rp. 58 juta. Namun demikian, tingkat kemiskinan masih 10,85 persen, dengan kemiskinan di pedesaan 15,2% dan kota 6,9%.

“Artinya, penguatan ketahanan pangan masih sangat relevan untuk dilakukan, termasuk di wilker III,” ucapnya pada pertemuan yang diikuti perwakilan berbagai unsur Kabupaten/Kota di wilker III seperti PKK, dinas pertanian, dan kepala desa terpilih.

Ketahanan pangan bukan hanya menciptakan kemandirian pangan di keluarga, tetapi juga ketercukupan gizinya, dan hemat pengeluaran belanja. Terakhir, ketahanan pangan juga dapat mengurangi stunting, yang menjadi salah satu program prioritas Pemprov Jatim tambahnya.

Foto bersama Rakor Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Rangka Penyediaan Pangan Di Tingkat Rumah Tangga, di Bakorwil PP III Malang.

Dalam rakor ini juga disampaikan beberapa materi seperti budidaya tanaman hidroponik serta tanaman organik sayuran dan buah – buahan oleh Dinas Pertanian Provinsi Jatim, pemanfaatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) sebagai upaya pengurangan stunting di Jatim dari Akademi Gizi Surabaya Dinkes Provinsi Jatim, serta kawasan KRPL untuk penguatan ketahanan pangan keluarga.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Ny. Ely Estiningtyas Jarwoko, wakil ketua I PKK Kota Malang yang sekaligus istri Wawali Kota Malang, Ny. Fety Wulandari Santoso, Ketua TP PKK Kota Blitar yang sekaligus isteri Plt. Walikota Blitar, serta Kadisperta Kota Blitar Ir. Rodiyah. Juga, para ketua pokja III dari masing – masing Kabupaten/Kota, seperti Kota Surabaya Sumarsih, Kabupaten Blitar Retno Yuntasri, dan Kota Batu Yumelia. (Red)

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …