Minggu, 20 Oktober 2019, 0:50
Home / NEWS / TOLAK RUU DAN MINTA JAMINAN PERLINDUNGAN RATUSAN PETANI LAKUKAN UNJUK RASA
Petani

TOLAK RUU DAN MINTA JAMINAN PERLINDUNGAN RATUSAN PETANI LAKUKAN UNJUK RASA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Ratusan petani mengadakan unjuk rasa menuntut Perlindungan dan Pemberdayaan Pertanian Berkelanjutan hari ini Selasa (24/09/2019) di kantor DPRD Jatim hingga ke kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan Surabaya.

Sejak pagi para petani yang tergabung dalam berbagai Aliansi Jawa Timur ini berkumpul di Sekitar Kantor DPRD Jatim yang selanjutnya mengadakan aksi demonya.

Usai melakukan aksinya di kantor DPRD Jatim ratusan petani bergerak menuju kantor Gubernur Jawa Timur untuk melanjutkan aksinya.

Berbagai tuntutan dilakukan para petani untuk memperoleh jaminan perlindungan dan kesejahteraan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur diantaranya Perlindungan atau asuransi saat petani mengalami gagal panen.

Naning salah satu koordinator aksi mengatakan, “petani meminta diterbitkannya Pergub Perlindungan bagaimana didalamnya terdapat aturan bagaimana petani aman ketika mengalami gagal panen yang disebabkan wereng atau cuaca,” jelasnya

Ditambahkan Naning, “Petani juga meminta Pemerintah memberikan jaminan biaya produksi termasuk memberikan pendidikan dan peberdayaan kepada para petani kecil,” terangnya bersemangat.

Diketahui pada aksi ini para petani juga menolak perubahan RUU Pertanahan karena dianggap semakin membuat ruwet konflik Agraria, petani juga menolak RUU sistem budidaya pertanian berkelanjut sebab mereka menganggap sistem itu akan membatasi petani dalam budidaya pertanian dan membuka peluang monopoli para pemodal.

Pada aksi ini sejumlah Anggota DPRD Jatim tampak menemui para petani yang melakukan aksi dan berjanji segera mendorong Gubernur Jatim menerbitkan Pergub Perlindungan bagi para petani. (Juliman)

Check Also

SEMPAT MOLOR PELANTIKAN ALEG BUTUR

WAGATABERITA.COM – BUTON UTARA. Pelaksanaan pelantikan 20 Anggota Legislative