Jumat, 5 Juni 2020, 8:47
Home / NEWS / BANYAK POSITIF CORONA TAK SAKIT HINGGA KORBAN TAK MEREDAH SAAT PSBB WAGUB JATIM MINTA WARGA WASPADA
Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

BANYAK POSITIF CORONA TAK SAKIT HINGGA KORBAN TAK MEREDAH SAAT PSBB WAGUB JATIM MINTA WARGA WASPADA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Penyebaran virus corona (covid – 19) di Indonesia masih cukup signifikan kasus penularannya, sama halnya seperti di Jawa Timur hingga hari ini tren penyebaran masih cukup tinggi belum ada tanda – tanda akan segera melandai walau Pemerintah provinsi Jatim terus berupaya mengkoordinasikan berbagai langkah penanganannya agar pandemi segera redah, Rabu (13/05/2020).

Dalam hal ini masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan diri dalam menghadapi pandemi covid – 19 disebabkan pasien yang terkonfirmasi positif menunjukkan gejala yang ditimbulkan bukan merupakan indikasi utama seseorang terjangkit covid – 19 sebab dari 785 survei yang terisi hasilnya menunjukkan 52.1 persen mengalami gejala batuk dan 35.1 persen mengalami pilek sedangkan gejala demam diatas 38° hanya 26,2 persen.

Sementara indikasi utama covid – 19 umumnya sesak nafas hanya berkontribusi 24.7 persen yang berada di peringkat ke 4, “nah inilah makanya kita harus benar – benar menerapkan kewaspadaan setinggi mungkin karena ini yang berbicara adalah fakta angka bahwa hanya 24,7 persen yang sampai ke tahap sesak nafas. Padahal kata kunci dari covid – 19 yang kita ketahui bersama adalah mengalami kesulitan bernafas,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Disampaikan kewaspadaan untuk menjaga diri dan lingkungan menjadi penting karena kasus yang terkonfirmasi covid – 19 di Jatim bermula dari gejala yang biasanya dianggap sepele sehingga abai tetapi gejala tersebut menduduki peringkat teratas awal seseorang terindikasi positif, “bahkan dari kasus positif yang di survei, lima puluh persen yang hanya mengalami gejala batuk, jadi akan banyak orang – orang yang ditest positif tapi merasa dirinya baik – baik saja,” ujar Emil di Gedung Negara Grahadi, Surabaya saat menggelar Konferensi Pers Penanganan Penyebaran covid – 19.

Pasien yang terkonfirmasi positif covid – 19 banyak yang tidak merasakan keluhan berarti sehingga tetap beraktivitas seperti biasa sehingga banyak dari mereka yang telah terkonfirmasi positif covid – 19 tak tampak sakit, “jadi bukan karena mereka dalam keadaan sakit mereka datang tapi karena mereka teridentifikasi dan kemudian mereka ditest,” jelas Wagub Jatim yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini. (Red)

Check Also

TAK ADA YANG KEBAL PADA CORONA GUBERNUR HARAP PASIEN SEMBUH EDUKASI MASYARAKAT AGAR WASPADA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA Peningkatan korban positif Covid – 19 tak