Jumat, 19 April 2024, 10:25
Home / BALI / PARIWISATA BALI DIBUKA MENHUB TINJAU PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DISEKTOR TRANSPORTASI
Keindahan Tanah Lot, Bali.

PARIWISATA BALI DIBUKA MENHUB TINJAU PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DISEKTOR TRANSPORTASI

WAGATABERITA.COM – BALI. Terpuruknya perekonomian di Indonesia karena penyebaran covid – 19 diberbagai bidang yang tutup dan tidak dapat melakukan aktifitas segera akan dibuka kembali, salah satunya dunia pariwisata seperti di Bali yang akan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam penerapannya Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meninjau penerapan protokol kesehatan transportasi secara disiplin dan bertemu Gubernur Bali Wayan Koster membahas kelanjutan pembangunan infrastruktur transportasi, penanganan transportasi aman dan sehat di masa adaptasi kebiasaan baru, dan rencana groundbreaking Pelabuhan Penyeberangan di Nusa Penida.

Dalam rangka mendukung pariwisata di Bali pada 3 Agustus besok, Menteri mengatakan, “kita tahu saaat pandemi terjadi, pariwisata di Bali mengalami keterpurukan. Ini saatnya Bali bangkit kembali menjadi destinasi wisata favorit baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kemenhub siap mendukung kebangkitan pariwisata di Bali melalui penerapan protokol kesehatan dalam bertransportasi. Kita harus lakukan ini secara konservatif dan hati-hati untuk mencegah penularan Covid-19,” jelasnya di Bali, Minggu (02/08/2020).

Permenhub 41 Tahun 2020 dan aturan turunannya disampaikan bahwa Kemenhub bersama operator transportasi dan Pemerintah Daerah berkomitmen melakukan pengendalian transportasi dengan menciptakan perjalanan aman dan sehat bagi masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan dari area keberangkatan, dalam perjalanan hingga tiba di area kedatangan, “hal itu dilakukan agar masyarakat tetap dapat produktif namun tetap aman dari penularan Covid – 19,” ungkap Menhub.

Dijelaskan Gubernur Bali Wayan Koster secara bertahap Pemerintah Provinsi Bali kembali membuka aktivitas masyarakat lokal pada 9 Juli lalu dan 31 Juli membuka sektor pariwisata turis domestik di masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) dan Bali akan membuka sektor pariwisata bagi para turis mancanegara secara bertahap.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh para pelaku usaha pariwisata di Bali dipastikan diberlakukan dan Pemprov Bali melihat pelaku usaha telah siap menjalankannya dan sejauh ini pelaksanaan pembukaan kembali pariwisata di Bali telah berjalan baik.

Sejak April 2020 pergerakan pesawat dan penumpang mengalami penurunan signifikan, dari data Angkasa Pura I Ngurah Rai Bali, sejak April – Juni 2020 penurunan pergerakan pesawat mencapai 90 persen lebih atau hanya sekitar 500 sampai 1000 pergerakan pesawat per bulannya yang biasanya dalam satu bulan terdapat sekitar 10 ribu sampai 13 ribu pergerakan penumpang.

Pergerakan penumpang sendiri mengalami penurunan 95 – 99 persen pada bulan April – Juni 2020 tercatat hanya ada 8000 sampai 20 ribu penumpang perbulannya yang biasanya di tahun lalu pergerakan penumpang bisa mencapai 1 – 2 juta lebih penumpang perbulannya.

Setelah Pemerintah menetapkan masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di bulan Juli ini pergerakan pesawat dan penumpang domestik dari dan ke Bali mengalami peningkatan signifikan dibandingkan bulan April – Juni 2020.

Pada periode 1 – 25 Juli 2020 tercatat 954 penerbangan (meningkat dibanding periode 1 – 25 Juni 2020 yang hanya 416 penerbangan) dan mencapai 56 ribu lebih penumpang (meningkat dibanding periode Juni 2020 hanya 14 ribu lebih penumpang). (Red)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan