Jumat, 29 Maret 2024, 17:03
Home / Uncategorized / INDEX 2020 UK PETRA BERSAMA SUNWAY UNIVERSITAS MALAYSIA TAMPILKAN PROYEK AKHIR MAHASISWA DUA NEGARA
Speech dari Rektor UK Petra saat Opening Ceremony INDEX 2020.

INDEX 2020 UK PETRA BERSAMA SUNWAY UNIVERSITAS MALAYSIA TAMPILKAN PROYEK AKHIR MAHASISWA DUA NEGARA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pandemi corona tak menyurutkan proses kegitan belajar mengajar khususnya melakukan kegiatan internasional seperti yang dilakukan Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya – Indonesia yang melakukan kerjasama dengan Departemen Arsitektur – Interior Sunway University, Malaysia.

Dengan menggelar Joint – Exhibition bertajuk ‘INDEX 2020’ yang merupakan kegiatan tahunan dari Prodi Desain Interior UK Petra dengan menampilkan desain dan proyek akhir mahasiswa, “karena pandemi kami sengaja menggandeng Malaysia dengan mengusung tema New Dimension,” urai Diana Thamrin, S.Sn, M.Arch selaku dosen penanggung jawab acara.

Mulai digelar sejak 10 hingga 14 Agustus 2020 secara daring berbagai kegiatan digelar diantaranya pameran online Tugas Akhir Prodi Desain Interior UK Petra dan Departemen Desain Arsitektur Interior Sunway University Malaysia (tersaji di index.petra.ac.id), seminar online, opening ceremony, closing ceremony dan penghargaan Superjury untuk proyek terbaik.

Dilanjutkan Diana, “sejalan dengan temanya, kolaborasi ini untuk meningkatkan relasi, menambah koneksi hingga ke level internasional sebelum terjun ke dunia profesional. Dengan INDEX, para mahasiswa tiap negara dapat menunjukkan identitas dirinya masing – masing pada publik umum yang nantinya akan mendapatkan masukan agar membawa dampak positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Dalam pameran ditampilkan gambar desain, karya tulis dan video teaser dengan tiga kategori yakni spasial (perancangan ruang) serta produk dan penelitian, “total peserta mencapai 82 dengan rincian kategori spatial desain UK Petra 39 karya, kategori produk desain UK Petra 9 karya, kategori penelitian desain UK Petra 16 karya. Sedangkan dari Sunway Malaysia mengikuti kategori spasial dan penelitian sejumlah 18 karya,” ungkap Diana.

Pada acara gelaran INDEX selalu diselibkan Superjury yakni pemilihan karya terbaik dari setiap kategori sebanyak 10 terbaik secara internal yang tahun ini terdapat perbedaan karena Superjury dinilai juga dari dosen dari Sunway Malaysia selain dari dosen UK Petra dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jatim Kamis (13/08/2020).

Dekan Departemen Arsitektur – Interior Sunway University, Malaysia.

Sementara Rabu, 12 Agustus kemarin telah diumumkan tiga karya finalis terbaik dari masing – masing kategori diantaranya milik Graciela, mahasiswi Prodi DI UK Petra yang menjadi finalist kategori Spasial (perancangan ruang) dengan membuat karya bertajuk ‘Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa)’ Penjaringan Sari Surabaya.

Pendekatan Human – Centered Design, yang berarti fokus pada pengguna ruang, serta menerapkan konsep ‘kampoeng’ disesuaikan kebiasaan dan budaya komunitas rusun, “saya sangat kaget dan senang karya saya juga dinilai oleh dosen Malaysia. Tetapi juga agak gugup sebab presentasi harus menggunakan Bahasa Inggris saat menentukan pemenang utamanya,” jelas Graciela gadis pemilik IPK 3,82.

Seminar online dengan pembicara gabungan dari dua kampus tersebut dilakukan dalam tiga sesi diantaranya pertama membahas Implementasi Social Design dalam perancangan interior berdampak bagi masyarakat, selanjutnya pada sesi kedua dan ketiga membahas tantangan dan tren profesi desain interior di masa depan yang akan dilalui oleh mahasiswa.

Diinformasikan selain peserta dari UK Petra dan Malaysia seminar internasional bahkan dihadiri oleh peserta dari kota Bandung, Medan dan Jakarta. Pemenang Superjury tiap kategori dari dua negara dapat disimak pada Jumat, 14 Agustus 2020 pukul 15 : 00 WIB di channel index yakni https://www.youtube.com/channel/UCKb3YFGJyAoV0vj17iyxHBA. (Red)

Check Also

JELANG LEBARAN MENTERI PUPR SIDAK JALAN TOL

WAGATABERITA.COM – LAMPUNG. Guna memberi kenyamanan pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik pada libur hari