Jumat, 18 Juni 2021, 13:25
Home / JAKARTA / BEGINI ATURAN ARUS BALIK PASCA LIBUR LEBARAN
Ilustrasi Razia Polisi, (Dokumen).

BEGINI ATURAN ARUS BALIK PASCA LIBUR LEBARAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Seperti Idul Fitri tahun 2020 lalu dimana jumlah kasus harian covid – 19 meningkat signifikan pasca libur lebaran. Tak ingin lengah tahun ini Pemerintah akan terus melakukan pengendalian penularan covid – 19 terutama yang dapat terjadi pada arus balik libur Lebaran, Sabtu (15/05/2021).

Walau secara nasional jumlah kasus aktif, penambahan kasus harian, BOR, kesembuhan, kematian trennya mengalami perbaikan belakangan ini kewaspadaan tetap ditingkatkan dengan menerapkan kebijakan Random Test covid – 19 dan Mandatory Check covid – 19 sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus covid – 19 pasca libur Lebaran.

Kata Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga Ketua Komite Penanganan covid – 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC – PEN), “random test diterapkan untuk perjalanan dari beberapa Provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta, sedangkan Mandatory Check untuk perjalanan dari Sumatera menuju ke Jawa dan Jakarta, yang diberlakukan mulai hari ini 15 Mei 2021” jelasnya dikutip dari laman kementerian ekonomi.

Dari koordinasi antar Instansi Pusat dan Daerah putusan berlakunya Mandatory Check covid – 19 atas Dokumen Rapid Test PCR, Swab Test Antigen dan GeNose di Pelabuhan Bakauheni bagi semua pelaku perjalanan (SE – 13/2021) yang berlaku bagi arus balik dari Pulau Sumatera ke Jakarta dari penyeberangan Bakauheni – Merak, dan dilakukan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sementara bagi arus pergerakan masyarakat dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Barat menuju Jakarta dari jalan Tol maupun Nasional random test dilakukan dengan Rapid Test Antigen disiapkan di 21 lokasi titik pengecekan di seluruh Provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta.

Bila pelaku perjalanan pasca Idul Fitri mengalami positif covid – 19 akan dilakukan isolasi di tempat yang disediakan Satgas Daerah dirujuk ke fasilitas kesehatan setempat atau kembali kedaerah asal bila dekat atau direkomendasikan ke Rumah Sakit Darurat covid – 19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta bila dekat.

Sementara bagi lokasi wisata menjalankan aturan sesuai PPKM Mikro dimana wajib menerapkan protokol kesehatan ketat dan hanya dibuka max 50% dari kapasitas dan wilayah dengan Zona Merah dan Oranye dilarang beroperasi dan teknisnya diatur Pemerintah Daerah melalui Satgas Daerah. (Red)

Check Also

TAK SAMA BELAJAR BIASA INI ATURAN PTM DILAKUKAN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Sesuai SKB 4 Menteri yang mempersiapkan Pembelajaran