Selasa, 4 Oktober 2022, 0:23
Home / EDUKASI / TERAPKAN MBKM FH UNSURI MOU DENGAN JAWAHARLAL NEHRU UNIVERSITY INDIA
MoU kerjasama Dekan Fakultas Hukum Unsuri, Rachmat Ihya' SH, MH, M.IP Bersama perwakilan Jawaharlal Nehru University New Delhi India, Profesor Gautam Kumar Jha, Ph.d,

TERAPKAN MBKM FH UNSURI MOU DENGAN JAWAHARLAL NEHRU UNIVERSITY INDIA

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada awal tahun 2020 menerbitkan sebuah kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), dimana kebijakan tersebut tujuan umumnya yakni memberikan hak belajar bagi mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan selama tiga (3) semester di luar program studi.

Dalam rangka menindak lanjuti kurikulum pembelajaran di MBKM atas putusan Kemendikbud tersebut Fakultas Hukum Universitas Sunan Giri (UNSURI) Surabaya membuat sebuah terobosan, yakni melakukan MoU dengan Jawaharlal Nehru University New Delhi India guna melakukan kerjasama akademik dan pendidikan. Jum’at (02 – 09 – 2022).

Dekan Fakultas Hukum Unsuri, Rachmat Ihya’ SH, MH, M.IP saat melakukan MoU di Kampus UNSURI, mengatakan. “Sebagai insan akademik kita harus cepat dalam merespon dan cepat melakukan perubahan, khususnya terhadap kurikulum MBKM tersebut.” Katanya dalam keterangan tertulis. Sabtu (03 – 09 – 2022).

Lanjut Ihya sapaan akrab Dosen Hukum ini. “Kampus Merdeka adalah wujud pembelajaran pada Perguruan Tinggi yang otonom yang juga inovatif, pada kurikulum ini mahasiswa diberi kebebasan untuk mengambil SKS diluar program studinya.” Ungkapnya.

Dalam Kampus Merdeka menurut Ihya merupakan salah satu perwujudan proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa tersebut. (student centered learning).

Pertukaran mahasiswa, seperti pada aturan permendikbud no 3 th 2020 pasal 15 ayat (1) serta melakukan kegiatan penelitian bersama juga seminar bersama, Lokakarya, Simposium termasuk melakukan penelitian sistem perbandingan hukum negara India (Common Law) dan negara Indonesia (Civil Law). Serta melaksanakan kegiatan akademik lainnya yang bermanfaat bagi kedua Universitas adalah tujuan dlakukan MoU tersebut.

Pada kesempatannya Perwakilan Jawaharlal Nehru University New Delhi India. Profesor Gautam Kumar Jha, Ph.d, berharap setelah melakukan MoU ini dapat dilanjutkan kerjasama nyatanya jadi tak hanya sebatas di tanda tangani diatas kertas. “Kami siap memfasilitasi Mahasiswa maupun Dosen yang berminat melakukan penelitian di India di Jawaharlal Nehru University, termasuk siap memfasilitasi penginapannya. Tutupnya. (Red)

Check Also

HARAPAN CAMAT KRIAN DI PENUTUPAN KKN UNSURI

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Sunan Giri