Sabtu, 23 Juni 2018, 13:34
Home / NEWS / JATIM FOKUS PADA PROGRAM KLUSTERISASI

JATIM FOKUS PADA PROGRAM KLUSTERISASI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Untuk fokus mencapai program – program yang dijalankan Pemprov. Jatim tahun 2018.

Kata Gubernur Jatim H. Soekarwo membagi program – program pembangunan di Jatim pada tahun 2018 dalam kluster – kluster.

Dengan klusterisasi program – program pembangunan tersebut, pembangunan akan lebih terfokus dan tersinergi sehingga peningkatan kesejahteraan akan lebih cepat tercapai.

Itu disampaikan saat menggelar rapat dengan para Kepala OPD Jatim Selasa (16/01/2018) di Bappeda Jatim.

Beberapa kluster tersebut diantaranya klaster nilai tambah yang ditangani beberapa OPD yaitu koperasi dan UKM, perindustrian dan perdagangan, pertanian, pariwisata, ESDM dan Litbang. Outputnya antara lain bertambahnya nilai keuntungan masyarakat, pemerataan distribusi pendapatan kelompok 40 persen ke bawah dan spasial pedesaan.

Kluster infrastruktur yang didukung oleh PU Bina Marga diharapkan menghasilkan output kemantapan jalan, PU Pengairan untuk menghasilkan output ketersediaan air baku dan perhubungan dengan output adanya esiensi cost transport. “Apabila program sesuai rencana maka akan ada supporting pemerataan pertumbuhan dan meningkatnya produksi barang dan jasa khususnya sektor pariwisata,” ujarnya.

Selanjutnya, kluster Sumber Daya Manusia (SDM), melalui dinas pendidikan meningkatkan SDM yang didukung SMK, SMK mini, serta disnaker yang memberikan dukungan terhadap tersedianya SDM berkualitas, melalui pelatihan SDM di Badan Pelatihan Kerja. Juga, sektor kesehatan, untuk melakukan imunisasi difteri, dengan dukungan pondok kesehatan desa (ponkesdes) dan taman Posyandu. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

PP NO 23 TAHUN 2018 DORONG PELAKU UMKM LEBIH IKUT BERPERAN AKTIF DALAM KEGIATAN EKONOMI FORMAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Didampingi Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo PPh Final UMKM 0,5 persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *