Sabtu, 22 September 2018, 6:20
Home / PROPERTI / KAKANWIL BPN, DPRD DAN PEMKAB MUNA RESMIKAN GEDUNG BPN YANG BARU
Ka Kanwil BPN Sultra, Beni Hermawan, Menandatangani Lembaran Peresmian Gedung BPN Muna Yang Baru.

KAKANWIL BPN, DPRD DAN PEMKAB MUNA RESMIKAN GEDUNG BPN YANG BARU

WAGATABERITA.COM – MUNA. Selama kurang lebih puluhan Tahun lamanya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang berdiri diatas tanah seluas 1.591 meter persegi dan luas bangunan 419 meter itu yang beralamatkan di Jalan Diponegoro Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berkantor di gedung tua yang hampir runtuh.

Pada akhir tahun 2017, BPN Muna mendapatkan kucuran dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017, dengan nilai Rp 1.297.800.000, untuk melakukan rehabilitasi gedungnya. Dengan dilakukan rehabilitasi gedung lamanya untuk menjadi gedung yang baru, BPN Muna, mengontrak sebuah gedung di Jalan Dr Sutomo sambil menunggu penyelesaian pembangunan kantor mereka.

Akhirnya pada Selasa (20/02/2018), gedung BPN yang telah di rehabilitasi itu, di resmikan oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Sultra, Beni Hermawan. Jajaran BPN Muna pun resmi kembali berkantor digedungnya yang baru untuk melaksanakan aktifitas perkantoran seperti sedia kala.

Dalam acara peresmian Gedung barunya itu, Beni Hermawan meminta kepada jajaran pegawainya di Muna, agar dalam menjalankan tugasnya dapat pula merehabilitasi mental dan prilaku dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Orang nomor satu di BPN Sultra itu menegaskan bahwa mengingat tuntutan kerja profesional berdasarkan Intruksi Presiden (Inpres) RI nomor 2 tahun 2018 tentang percepatan Pendaftaran Tanah Sistimatik Lengkap (PTSL), ada 14 instansi yang diperintahkan oleh presiden. Mulai Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Gubernur, para Bupati/Walikota dan termasuk didalamnya kepolisian, kejaksaan serta semua stack holder lainnya.

“Presiden begitu memberikan perhatian sangat besar dalam giat PTSL ini. Semua komponen bangsa dan negara dikerahkan untuk mempercepat gerakan sertifikasi masal ini. Jadi saya berharap pula pelaksanaannya di Muna ini dapat dibangun dengan komunikasi yang baik. Karena Miskomunikasi dan Misharmoni biasanya mengakibatkan hambatan percepatan sertifikasi. Olehnya itu saya berharap dapatlah kiranya di Muna ini di bangun komunikasi yang baik,” pinta Beni Hermawan kepada jajarannya di hadapan tamu undangan yang menghadiri acara peresmian Gedung Rehabilitasi baru BPN Muna.

Sementara itu ditempat yang sama kepala Kantor BPN Muna, Rajamuddin SH, memaparkan keabsahan, luas kordinat lahan Kantor yang ia pimpinnya itu. Bahwa sekitar 1591 meter persegi luas areanya dan bangunan gedungnya berdiri atas tanah seluas 414 meter bujur sangkar dengan bersertifikat.

“Tanah ini adalah milik pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dengan sertifikat hak pakai untuk tanah instansi,” Ucap mantan Kepala BPN Konawe itu.

Rajamuddin menambahkan, terkait sumber dana pembangunan rehabilitasi gedung Kantor Pertanahan Muna bersumber dari APBN Tahun 2017 sebesar Rp 1,2 miliar lebih. Lanjut dia, pada pelaksanaan rehabilitasi kantor ini di mulai pada bulan Agustus 2017 dan selesai pada tanggal 1 Desember 2017 yang lalu.

“Ini sengaja kami laporkan, karena mungkin masih banyak tanah – tanah instansi lain yang belum punya sertifikat. Kalau ada tanah Pemda yang belum bersitifikat, kami dari pertanahan siap melayani,” kata mantan kepala BPN Konawe ini.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Muna, H Abdul Malik Ditu. Bahwa pihaknya berharap agar kerja BPN Muna harus lebih serius lagi, karena di Muna adalah lahan yang statusnya perlu ditertibkan. Di Muna ini banyak mengaku punya tanah, tapi saat ditanya riwayat tanah dia tidak tau. Padahal, harus jelas riwayat hukum atas tanah itu sendiri.

“Jadi status tanah atas masyarakat, harus di perjelas. Jadi kedepannya tidak mendapatkan masalah,” tutupnya.

Dalam peresmian Gedung Rehabilitasi Baru BPN Muna itu, KaKanwil BPN Sultra, Beni Hermawan, di dampingi Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini, S. Ag dan Wakil Bupati Muna, Abd Malik Ditu serta Forkopimda melakukan pengguntingan pita tanda resminya Gedung BPN itu untuk di tempati dalam melaksanakan aktifitasnya seperti biasa dalam melayani masyarakat. (Zainal Arifin Suyoto)

Check Also

SERAHKAN SERTIFIKAT BERSAMA GUBERNUR JATIM, PRESIDEN APRESIASI KINERJA BPN JATIM SESUAI TARGET

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Dalam rangka memenuhi target kerja nya untuk menyelesaikan pemberian sertifikat tanah di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *