Kamis, 20 September 2018, 17:47
Home / NEWS / HUKUM / PERANGI HOAX POLISI GANDENG KOMUNITAS NETIZEN
Sosialisasi Bahaya Hoax, Rabu (07/03/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

PERANGI HOAX POLISI GANDENG KOMUNITAS NETIZEN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Kepolisian Resort kota atau Polresta Probolinggo, Jawa Timur, menggelar sosialisasi tentang bahaya informasi Hoax, dan Hate Speech (ujaran kebencian,Red), kepada puluhan netizen yang tergabung dalam komunitas informasi jejaring media sosial Facebook, yakni I – L – K (Informasi lantas dan kriminal,Red), Rabu (07/03/2018).

Sosialisasi digelar di salah satu rumah makan, yang ada di kota Probolinggo. Sosialisasi sendiri, sengaja diberikan, sebagai langkah pembinaan terhadap para netizen agar tidak terpengaruh, sekaligus ikut serta memerangi beredarnya informasi Hoax, serta Hate Speech (ujaran kebencian,Red) di dunia maya.

Disasarnya sebuah rumah makan, sebagai tempat sosialisasi. Lantaran rumah makan atau warung kopi, kerap disalahgunakan oleh sekelompok orang, sebagai lokasi awal penyebaran informasi Hoax, dan Hate Speech.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menyampaikan, Selain sebagai cara memerangi Hoax dan Hate Speech, adanya sosialisasi juga bertujuan menjaga stabilitas keamanan, baik di kota maupun kabupaten Probolinggo.

“Jadi melalui sosialisasi kali ini, diharapkan stabilitas keamanan di Probolinggo terus terjaga. Yang mana, kita tahu saat ini baik kota maupun kabupaten Probolinggo, tengah melaksanakan pesta demokrasi atau pemilukada,” jelasnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Tim Cyber Troop Polda Jatim, telah melakukan penangkapan terhadap T – S, yakni seorang pelaku penyebar informasi Hoax, asal kabupaten Probolinggo.

Tak hanya sebagai pelaku penyebar informasi Hoax, TS bahkan diketahui turut terlibat menjadi anggota kelompok M-C-A, atau Muslim Cyber Army.

Sementara itu, diakui Erwin salah seorang netizen asal Probolinggo, keberadaan pelaku penyebar informasi Hoax yang tergabung di kelompok M – C – A, memang benar ada. Namun demikian, Erwin menyampaikan jika ia tidak mengetahui lebih jauh, seperti apa sepak terjang kelompok M-C-A lebih jauh.

“Memang ada beberapa orang yang sengaja menyebarkan info Hoax, namun kita tidak tahu secara detailnya maksud dan tujuannya,” ujar Erwin, yang merupakan ketua dari komunitas I – L – K, yang saat ini telah memiliki sekitar 70 ribu anggota. (Zulkiflie)

Check Also

NEKAT CURI HP SEORANG BABAK BELUR DI HAJAR MASSA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Korban (Rahma Dwi Putri) yang merasa hp nya diambil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *