Jumat, 19 April 2024, 2:17
Home / NEWS / DPR RI SIAP DUKUNG ORMAS YANG PEDULI SAMPAH
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

DPR RI SIAP DUKUNG ORMAS YANG PEDULI SAMPAH

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. DPR RI bersiap mendukung keberadaan organisasi masyarakat (Ormas) yang mempunyai kepedulian permasalahan sampah di negara Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak banyaknya ormas maupun Non Governmental Organization (NGO) yang fokus di bidang sampah serta permasalahannya. Bentuk dukungan tersebut menurutnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti menggandeng mereka dengan stake holder yang ada di pemerintah maupun dukungan masyarakat itu sendiri.

Hal ini dikatakan Ibnu Multazam, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi Kelautan, Perikanan dan Kehutanan saat mengahadiri aksi bela negara bhakti untuk negeri, Jum’at bersih laut Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yang digelar ormas Lembaga Garuda Muda Indonesia Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Trenggalek, Sabtu (14/04/2018).

“Undangan LGMI ini memang penting untuk didatangi. Mengingat kegiatannya bertajuk peduli dengan lingkungan baik lingkungan laut dan lingkungan yang di hulunya yakni darat, harus patut diapresiasi,” ungkapnya.

LGMI yang mempunyai peran penting terhadap permasalahan sampah, maka organisasi itu akan diperkuat kelembagaannya dalam meningkatkan peran edukasi kepada masyarakat terutama di titik – titik lokasi pariwisata Kabupaten Trenggalek.

“Peran yang dibawa LGMI sangat signifikan untuk itu kita dorong terutama lingkungan bersih dan sehat di sekitar wisata,” imbuhnya.

Menurutnya dukungan dari semua elemen baik organisasi vertikal maupun horisontal diperlukan dalam gerakan pembersihan pantai yang akan bermanfaat bagi keindahan lingkungan wisata serta tentunya mendukung wisata yang sehat.

“Pantai ini cukup indah dan asri, maka itu kita semua bertanggungjawab menjaga serta melestarikan ekosistem yang diakibatkan lingkungan laut yang bersih,” tuturnya.

Aksi bersih laut menurutnya juga termasuk dalam kerangka bela negara yang telah diamanatkan oleh konstitusi negara. Tidak hanya bertumpu pada menjaga keutuhan NKRI saja, tetapi lingkungan yang bersih sebagai menjaga aset negara seperti lautan ini.

Aksi bersih laut juga sebagian dari membela negara yang juga jadi tanggungjawab masyarakat di negara ini.

Mengelola sampah di Kabupaten Trenggalek sangat apresiatif sekali. Banyak regulasi yang telah terbit di kabupaten ini. Mulai dari Perda Kabupaten, kecamatan bahkan regulasi tingkat desa melalui Peraturan Desa (Perdes), namun semua itu harus selalu di sosialisasikan kepada warga.

“Anak cucu kita harus selalu mendapatkan warisan yang baik dan sejahtera setelah lingkungan ini terjaga,” pungkasnya. (Ayu Mila Sari)

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …