Senin, 18 Juni 2018, 6:43
Home / NEWS / PLT BUPATI TRENGGALEK DUKUNG PROGRAM PAMSIMAS III
Plt Bupati Trenggalek buka sosialisasi Pamsimas III di gedung Bhawarasa.

PLT BUPATI TRENGGALEK DUKUNG PROGRAM PAMSIMAS III

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Plt Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin buka sosialisasi Program Pamsimas III tahun

2018. Bertempat di Gedung Bhawarasa Kabupaten Trenggalek, program Pamsimas III ini dilakukan guna mendukung 2 agenda Nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan yakni 100% akses air minum dan 100% akses sanitasi serta Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Seperti yang diketahui, Progam Pamsimas merupakan progam air minum dan sanitasi dengan target pencapaian akses universal air minum dan sanitasi tahun 2019. Sasaran dari sosialisasi ini tak lain adalah seluruh Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten, termasuk desa – desa yang pernah mendapatkan bantuan Pamsimas yang masih mempunyai kebutuhan untuk perbaikan kinerja dan pengembangan layanan demi mencapai 100% air minum dan sanitasi di tingkat Desa.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Plt Bupati Trenggalek mengatakan bahwa pihaknya mendukung Program Pamsimas ini. “Bentuk dukungan Pemerintah Daerah terhadap Program Pamsimas ini, kita ada sharing dari APDB dan APBN kita yakini akan terserap secara keseluruhan dan terlaksana. Dan untuk Pemerintah Desa juga akan membentuk kelembagaan PT SPAM, dengan pendamping akan disediakan guna mendukung program ini,” ucapnya, Rabu (25/04/2018).

Selain itu, Arifin juga memberikan masukan – masukan kepada Desa – Desa untuk membentuk Unit Usaha Pengelola Air Desa atau semacam PDAM Desa. Sehingga, jika nantinya terjadi kerusakan – kerusakan atau permasalahan lain bisa diselesaikan sedikit demi sedikit.

Dikatakan lebih lanjut, untuk sasaran Program Pamsimas III terlebih di Kabupaten Trenggalek totalnya 45 Desa. Akan tetapi hanya ada 16 Desa yang menerima Program Pamsimas III tahun ini.

“Target dari Program Pamsimas ini seperti yang diungkapkan Presiden Jokowi bahwa 100% sanitasi harus baik. Dan kita masih perlu perjuangan keras karena masih ada sekitar 46 – 50% cakupan air bersih. Makanya seperti yang saya katakan tadi, untuk APBD tolong anggarannya lebih diperbesar dan sesuai amanah yang ada bahwa dana CSR juga akan diarahkan kesana guna percepatan Program ini,” tandas Arifin.

Program Pamsimas, diterangkan Arifin, adalah salah satu program andalan Pemerintah di dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan dan pinggiran kota melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Tujuan dari Program ini tak lain guna meningkatkan jumlah warga masyarakat yang kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi. Dan meningkatkan penerapan nilai serta perilaku hidup bersih. (Ayu Mila Sari)

Check Also

GEMPA DI SUMENEP, PEMPROV JATIM LANGSUNG KIRIM BANTUAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gempa bumi dengan kekuatan 4,7 SR terjadi di wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *