Sabtu, 26 Mei 2018, 15:23
Home / NEWS / HUKUM / SIDAK LAPAS, KAPOLRESTA PROBOLINGGO TEMUI ‘NAPITER’ ASAL POSO
Sidak Polresta Ke Lapas, Jum'at (11/05/2018) Sumber Foto : Zulkiflie

SIDAK LAPAS, KAPOLRESTA PROBOLINGGO TEMUI ‘NAPITER’ ASAL POSO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Konflik berbuntut kerusuhan antara narapidana teroris dan petugas kepolisian, yang terjadi di rumah tahanan atau Rutan ‘Mako Brimob’ Depok, Jawa Barat, pada Rabu malam lalu (09/05).

Menyulut perhatian seluruh jajaran kepolisian, salah satunya seperti yang dilakukan kepolisian resort kota Probolinggo. Jum’at (11/05/2018), Polresta Probolinggo yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal, melakukan inspeksi mendadak ke Lembaga Pemasyarakatan kelas 2 B Probolinggo.

Ditemani Yandi Suyandi, selaku Kalapas (kepala lapas, Red) kelas 2 Probolinggo, melakukan pengecekan kondisi keamanan Lapas setempat. Selain cek kondisi Lapas, petugas juga menemui para narapidana, guna mengetahui terpenuhi atau tidaknya kebutuhan hidup mereka sehari – hari.

Sebagaimana diketahui, kerusuhan yang terjadi di ‘Mako Brimob’ lalu, akibat kesalahpahaman antara petugas Rutan dan narapidana teroris, atas titipan makanan.

Sementara dalam Sidak tersebut, petugas juga menemui salah seorang narapidana teroris, yakni Arif asal Tanah Lunto, Poso. Arif merupakan satu – satunya ‘Napiter’ yang menghuni Lapas kelas 2 B Probolinggo.

Petugas dan Arif, lantas melakukan diskusi ringan guna mengetahui perkembangan Napiter tersebut, selama menjalani masa tahannya sekitar 4 tahun.

Dikatakan AKBP Alfian Nurrizal, selaku Kapolresta Probolinggo. Jika Sidak kali ini merupakan bagian dari kewaspadaan, dan antisipasi petugas apabila nantinya terjadi kerusuhan di Lapas, ataupun rumah tahanan.

“Jadi ini merupakan bentuk kesiapsiagaan, serta pencegahaan kami, agar kerusuhan serupa tidak terjadi khususnya di wilayah kota Probolinggo,” jelas Alfian.

Sebagai informasi, ada sekitar 511 narapidana yang menghuni Lapas kelas 2 B Probolinggo. Dengan rincian, jumlah tahanan sekitar 63 orang, dan narapidana sekitar 448 orang. Jumlah tersebut melebihi kapasitas Lapas setempat, yang standartnya hanya bisa menampung 260 orang napi. (Zulkiflie)

Check Also

POLISI TRENGGALEK AMANKAN PELAKU PENCURIAN ASAL PASURUAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Kepolisian Resort Trenggalek berhasil menangkap seorang pria yang diduga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *