Kamis, 18 April 2024, 8:09
Home / NEWS / POLITIK / TAHANAN KPK MENANGKAN PILKADA, WAKILNYA AKAN DILANTIK

TAHANAN KPK MENANGKAN PILKADA, WAKILNYA AKAN DILANTIK

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Samsu Umar Abdul Samiun menang dalam Pemilu Bupati Buton, Sulawesi Tenggara. Padahal Samsu adalah tahanan KPK. Nantinya, Samsu tak akan dilantik.

“Bila petahana itu ditahan seterusnya, kemungkinan besar pada saat pelantikan yang dilantik hanyalah wakil Bupatinya,” kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Dodi Riyadmadji kepada detikcom, Kamis (16/2/2017).

Samsu maju menjadi calon Bupati Buton 2017 bersama calon wakil Bupati bersama La Bakry. Maka nantinya yang akan dilantik hanyalah La Bakry. Selanjutnya, La Bakry bisa memimpin Buton dengan status Plt Bupati Buton. Dengan demikian, wakil yang dilantik itu bisa menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati,” kata  Dodi.

Samsu adalah tersangka kasus suap Rp 2,989 miliar kepada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terdahulu, Akil Mochtar. Suap itu untuk memuluskan sengketa Pilkada Buton di MK pada 2011. Pada 26 Januari lalu, Samsu resmi ditahan KPK.

Samsu – La Bakry maju dalam Pilbup Buton 2017 dan didukung oleh PKB, PKS, Partai NasDem, PAN, Partai Demokrat, Partai Golkar, serta PBB.

Umar Samiun dilaporkan memperoleh suara terbanyak pada pilkada Buton Rabu lalu melawan kotak kosong sebab Ketua PAN Sultra itu merupakan calon tunggal. (*/Dir)

Check Also

INI PASLON PILKADA SERENTAK YANG DIUSUNG PDIP DI SURABAYA SIAPA YA CALONNYA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pilkada serentak segera dilaksanakan pada bulan