Selasa, 23 Oktober 2018, 7:52
Home / HOTNEWS / MENTERI BUMN RINI SUMARNO SIDAK TOL PASPRO
Menteri BUMN Sidak Tol Paspro. Sumber Foto : Zulkiflie

MENTERI BUMN RINI SUMARNO SIDAK TOL PASPRO

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO. Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Rini Soemarno melakukan Inspeksi Mendadak di jalur Tol Pasuruan – Probolinggo, tepatnya desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Senin sore (08/05/2017).

Rini Soemarno, meninjau langsung peta proyek yang saat ini telah memasuki seksi 3, sambil mendengarkan pemaparan Direktur Tol Paspro, Dwi Pratikno.

Diketahui, jalur Tol Paspro merupakan ruas utama jalur Tol Transjawa, yang nantinya disambungkan dengan Tol Probowangi. Namun, sampai kini proses Tender Tol Probolinggo – Banyuwangi belum rampung. Padahal tol ujung timur pulau Jawa itu, ditargetkan rampung dan bisa beroperasi di tahun 2019.

Rini Soemarno mendesak, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, atau PUPR agar mempercepat proses Tender Tol Transjawa, yang memiliki panjang 172 kilometer itu. Selain untuk mengurai kemacetan jalur Pantura, keberadaan Tol Transjawa diharapkan mampu mempecepat laju perkembangan ekonomi warga.

“Secara konstruksi Tol Paspro sudah masuk seksi 3, sudah lebih cepat dari yang dijadwalkan. Sementara untuk Tol Probolinggo – Banyuwangi, kita sudah meminta kementrian BUPR untuk segera mentenderkan, dengan tambahan jalur tol 13 kilo, agar segera terselesaikan Tol Trans Jawa,” Terang Rini.

Diketahui, Jalur Tol Pasuruan – Probolinggo sendiri memiliki panjang 31 kilometer, mulai dari Pasuruan hingga Gending Probolinggo. Terdiri dari 3 pintu Exit, yakni Exit Grati Pasuruan, Wonomerto dan Leces Probolinggo.

Dengan masa konsesasi 30 tahun, Tol Paspro ditargetkan mampu menampung 200 ribu kendaraan perhari, sampai awal Mei 2017. Dan sementara, proses pengerjaannya telah mencapai 22,75 %.

“jika dimulainya Pasuruan – Probolinggo, secara otomatis nantinya juga akan dimulai proyek Tol Probolinggo – Banyuwangi, dan titik Nol nya nanti ada di Gending,” kata Dwi Pratikto, Direktur Tol Paspro.

Tol paspro ditargetkan rampung pada akhir tahun 2017, setelahnya secara bertahap akan dibangun Tol Probowangi, yang melintasi 3 kabupaten, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

BEGAL MOTOR T – O POLDA JATIM DITEMBAK

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Pelaku begal motor Amin bin Nopokor (27), warga Desa Sumendi, Kecamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *