Rabu, 24 Oktober 2018, 8:28
Home / EKONOMI / INSPIRASI / INOVASI KARYA ILMIAH TERBAIK PRESTASI MAHASISWA WIDYA MANDALA
Jessica Angelina Suhadi Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Katolik WM Saat Memperlihatkan Hasil Karyanya Kulit Ketela Pohon Menjadi Minyak di Ruang Rektorat Gedung F Lt.3 Kampus WM Surabaya, Jumat (13/10/2017). Sumber Foto : Endri Soedarto

INOVASI KARYA ILMIAH TERBAIK PRESTASI MAHASISWA WIDYA MANDALA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Dalam rangka Wisuda Periode II Oktober 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya menggelar Press Conference dengan beberapa wisudawan terbaik yang siap memeragakan karya penelitian mereka bersama alat dan inovasinya dalam karya ilmiah kepada masyarakat luas, tempat Ruang Rektorat, Gedung F Lantai 3, Kampus Dinoyo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jalan Dinoyo 42 – 44 Surabaya, Jumat (13/10/2017).

Kulit Ketela Murnikan CNO (Crude Coconut Oil) adalah minyak yang dibuat dari ekstrak daging buah kelapa. CNO yang tinggi antioksidan bermanfaat untuk melawan keriput serta kulit kendur, atau sering juga dimanfaatkan juga sebagai campuran minyak goreng. Warna awal dari CNO berupa jingga atau kuning kecoklatan karena adanya kandungan karotenoid terutama beta-karoten. Untuk dapat digunakan, CNO harus dimurnikan dahulu dengan menggunakan proses bleaching atau pemucatan. Pada umumnya, proses pemucatan minyak ini menggunakan bleaching earth atau bentonit sebagai adsorben.

Jessica Angelia Suhadi mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mencoba mengkombinasi hydrochar pada bentonit untuk proses bleaching. Hydrochar yang ia gunakan terbuat dari kulit ketela pohon, yang kerap kali hanya menjadi limbah.

Adapun karya ilmiah unggulan lainnya adalah Kontrol Arus Listrik Tenaga Surya Lewat Smartphone. Pandiyapratita Putra, salah satu Wisudawan Aktif Berprestasi dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,22 dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), meneliti sekaligus menciptakan inovasi terkait alat pemantau dan pengendali sistem penyimpanan energi pada solar panel. Ketika beban listrik terhubung ke PLTS, accu akan mengalirkan arus ke beban. Sebagai sebuah pembangkit listrik yang akan digunakan mensupply beban dengan daya besar, maka arus yang besar akan mengalir dari accu, papar Pandya.

Pandiyapratita Putra Fakultas Teknik Elektronika Universitas WM Surabaya Saat Menciptakan Inovasi Kontrol Arus Listrik Tenaga Surya Dengan Ponsel Pintar di Kampus WM Surabaya, Jumat (13/10/2017). Sumber Foto : Endri Soedarto

Arus yang besar dapat mengakibatkan banyak kerugian, seperti kerusakan beban bahkan bahaya kebakaran. Bahaya tersebut dapat ditekan apabila sistem PLTS dilengkapi dengan sistem pengaman berupa Alat Pemutus Penghubung (APP). Namun APP yang telah ada, masih terkendala jarak atau masih bersifat manual. Karya Pandya membuat kendala itu bukan lagi masalah.

Selain dua karya ilmiah di atas, masih ada sejumlah karya ilmiah lain dari Wisudawan dengan predikat Mahasiswa Prestasi Akademik Terbaik dan Mahasiswa Aktif Berprestasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Periode II Tahun 2017 yang siap dipertunjukkan maupun diperagakan.

Karya – karya tersebut antara lain Social Puzzle Book Unit Kebudayaan Indonesia dan Cegah Kanker dengan Jintan Hitam yang meneliti pemanfaatan ekstrak jintan hitam sebagai salah satu alternatif pengobatan kanker dan masih banyak lainnya. (Endri Soedarto/Halu)

Check Also

TAK NGOPI, CAK YUHAS JUGA INGIN MENGERTI KOPI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Itulah bila menjadi seorang Politikus, mereka harus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *