Sabtu, 17 November 2018, 18:40
Home / TEKNO / INTERNET / ‘OPINIUM’ APLIKASI DALAM MEMERANGI HOAX

‘OPINIUM’ APLIKASI DALAM MEMERANGI HOAX

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Di acara Pagelaran Seni Budaya dalam rangka menyongsong satu tahun Pemilu DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (02/05/2018).

Pada acara ini Pakde Karwo panggilan akrab Gubernur Jatim juga menyambut diserahkannya aplikasi anti hoax Opinium kepada pemerintah, dalam hal ini Pemprov Jatim.

Dalam kesempatan yang sama, inisiator Opinium, M. Hasanudin mengatakan, opinium merupakan aplikasi khusus yang memungkinkan pengguna mengklarifikasi dan membantu dalam proses kurasi informasi yang didapat di dunia nyata. Melalui aplikasi ini, suatu informasi dapat diuji kebenarannya apakah merupakan berita benar atau hoax dan diuji kebenarannya melalui penilaian masyarakat secara langsung.

“Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengemukakan pendapatnya terkait suatu informasi yang beredar, salah satunya dengan membeberkan fakta – fakta di lapangan atau data empiris lainnya,” katanya.

Melalui aplikasi ini, lanjutnya, masyarakat dapat terlibat aktif dalam memerangi kabar hoax yang semakin meresahkan. “Itulah dasar pemikiran dari aplikasi ini,” jelasnya.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo, Sekdaprov Jatim beserta istri, serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim. Acara ini juga diramaikan oleh penampilan grup band Letto. (Red)

Check Also

PEMPROV PETAKAN DAN CARI SOLUSI BERSAMA PEMDA SETEMPAT ATASI BENCANA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pada kesempatannya Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo bersama Istri Dra. Hj. Nina …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *