Jumat, 19 April 2024, 8:06
Home / EKONOMI / KETUM KADIN HARAP TERUS ADA KOMUNIKASI ANTAR PEMERINTAH DAN PENGUSAHA ATASI KONDISI EKONOMI

KETUM KADIN HARAP TERUS ADA KOMUNIKASI ANTAR PEMERINTAH DAN PENGUSAHA ATASI KONDISI EKONOMI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Selepas pertemuan antar Presiden Joko Widodo dengan 26 pengusaha di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (27/08/2018).

Dalam kesempatannya Rosan Roeslani yang berbicara mewakili para pengusaha tersebut menyampaikan bahwa saat ini bukanlah masa – masa yang mudah. Oleh karena itu, lanjutnya, dunia usaha dan pemerintah harus menyatu dan solid.

“Karena di tengah tekanan mata uang kita, di bawah tekanan ketidak pastian, trade war, dan lain – lain, tentunya diperlukan terus komunikasi secara berkala baik dengan dunia usaha, pemerintah, dan juga pengambil keputusan. Kembali lagi, kita juga menyadari ini semua untuk kepentingan kita semua. Tidak hanya untuk kepentingan dunia usaha, tapi juga untuk kepentingan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” ucap Rosan yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia.

Senada dengan Presiden, dirinya pun menyampaikan salah satu solusi untuk defisit transaksi berjalan adalah dengan penerapan B20. Untuk itu, pemerintah meminta komitmen dari dunia usaha agar hal tersebut benar – benar dilaksanakan.

“Alhamdulillah tadi langsung direspons oleh salah satu perusahaan batu bara, yang memang akan memberlakukan September ini, full B20,” ujarnya.

Sementara itu terkait penambahan bea masuk barang impor, Rosan mengatakan agar berhati – hati dalam menerapkan hal tersebut. Baginya, jika penambahan bea masuk barang impor itu untuk hal yang bersifat konsumtif, tidak masalah.

“Tapi kalau misalnya itu adalah untuk penyediaan bahan baku, aero material, itu juga kan meningkatkan produktivitas kita. Jadi kalau kami melihatnya yang paling penting justru adalah bagaimana kita meningkatkan daya saing, meningkatkan efektivitas kita, sehingga defisit transaksi berjalan kita ini bisa kita tekan,” tandasnya. (Red/*)

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …