Selasa, 23 Oktober 2018, 8:32
Home / NEWS / PEMKOT PROBOLINGGO KEMBALI RAIH WTP
Pemberian penghargaan oleh Gubernur Jatim.

PEMKOT PROBOLINGGO KEMBALI RAIH WTP

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO. Pemerintah Kota Probolinggo, kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas Laporan Keuangan tahun 2017.

Piagam penghargaan, diterima langsung Walikota Probolinggo, Rukmini, dari Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani.

Dimana diserahkan melalui Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, di ruang rapat Graha Wicaksana Praja lantai 8, Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (28/09).

Sebagai informasi, dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, 36 diantaranya mendapat opini WTP. Dua daerah lainnya, Sampang dan Lumajang tidak mendapatkan predikat tersebut.

Walikota Rukmini mengatakan, jika opini WTP sebenarnya sudah diumumkan oleh BPK RI Perwakilan Jawa Timur pada Mei lalu.

Namun baru di bulan ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan apresiasinya kepada pemerintah daerah, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah, WTP atas pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Probolinggo diapresiasi oleh gubernur dan menteri keuangan,” kata Rukmini.

“Semoga kepala OPD (organisasi perangkat daerah) terus melanjutkan prestasi ini, untuk menambah kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, bahwa pengelolaan keuangannya ternyata baik dan patuh terhadap aturan yang ada,” harapnya.

Senada disampaikan, Kepala BPPKAD Kota Probolinggo, Imanto. Menurutnya penghargaan WTP, sudah didapatkan dari BPK.

Dijelaskannya penyerahan piagam, merupakan upaya peran serta Kanwil Perbendaraan, supaya seluruh Jawa Timur bisa ter-cover dengan pencapaian opini WTP.

Imbuh Imanto, jika pihaknya telah berupaya menciptakan tata kelola keuangan yang baik, dan hasil yang didapatkan sesuai target Pemkot Probolinggo.

“Ke depan, kami tidak boleh lengah. Karena ada pengalaman daerah lain menurun, dan itu menjadi referensi. Kami harus tetap eksis mempertahankan opini WTP, karena mendapatkan WTP ini seolah – olah mudah, tapi sebenarnya perlu perjuangan,” tutur Imanto, Sabtu (29/09/2018).

“Peningkatan SDM dan semangat OPD untuk terus berkomitmen mendapatkan WTP itu sangat penting, kuncinya adalah kerja sama,” tandasnya. (Zulkiflie)

Check Also

KUNJUNGI LOMBOK PRESIDEN PANGKAS 17 PROSEDUR PENCAIRAN DANA BANTUAN JADI 1 PROSESUR

WAGATABERITA.COM – LOMBOK. Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *