Selasa, 23 Oktober 2018, 8:03
Home / EKONOMI / LAKSANAKAN PERINTAH PRESIDEN, MENTAN AKAN TERUS DUKUNG DAN PERMUDAH EKSPORTIR

LAKSANAKAN PERINTAH PRESIDEN, MENTAN AKAN TERUS DUKUNG DAN PERMUDAH EKSPORTIR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pelepasan ekspor tiga komoditas hortikultura Jatim di lakukan di Dinas Pertanian Provinsi Jatim Jalan A. Yani, Surabaya, Senin (08/10/2018) dilakukan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo bersama Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman.

Pada kesempatannya Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman menjelaskan, pelepasan ekspor komoditas hortikultura di saat kondisi rupiah melemah menjadi momentum emas untuk mendorong ekspor Indonesia. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi petani Indonesia.

“Langkah ini juga merupakan tindak lanjut perintah Presiden RI untuk mendorong ekspor sebanyak – banyaknya, mempermudah eksportir. Jika perlu diantarkan langsung agar mempermudah perijinan. Kita harus mendorong eksportir Indonesia, termasuk negosiasi dengan negara tujuan,” tegasnya.

Lebih lanjut pihaknya telah melakukan beberapa kali mengekspor produk – produk pertanian. Seperti pada dua bulan lalu mengekspor domba dan kambing. Dan saat ini melepas ekspor Bawang Merah, Benih Kangkung, dan Buah Mangga.

“Ini luar biasa karena produk – produk pertanian Indonesia sudah menembus ke pasar dunia, bahkan ke pasar Eropa,” tuturnya.

Berdasarkan data 2017, ekspor Indonesia naik 24 persen yakni Rp. 441 triliun dan diharapkan tahun ini bisa meningkat lagi. Karena itu, ia akan mendorong ekspor dan investasi guna meningkatkan perekonomian Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Mentan RI Amran Sulaiman juga mengapresiasi Pakde Karwo sebagai Gubernur andalan. Sebab, Jatim telah banyak melakukan ekspor produk – produk pertanian ke luar negeri. “Khusus untuk Pak Gubernur, kami sangat mengapresiasi,” pungkasnya. (Red)

Check Also

JANJI IKUTI KEGIATAN WARGA KRUKAH, CAK YUHAS NAIK SEPEDA MOTOR AGAR TAK TERLAMBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Anggota TNI dikenal tepat waktu dan tepat janji disiplin pada semua kegiatannya dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *