Selasa, 11 Desember 2018, 7:00
Home / NEWS / SAMBUT HARI PAHLAWAN, WARGA LERENG BROMO PROBOLINGGO MAIN PERANG – PERANGAN

SAMBUT HARI PAHLAWAN, WARGA LERENG BROMO PROBOLINGGO MAIN PERANG – PERANGAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Menyambut peringatan 10 November, yang merupakan hari pahlawan Indonesia, warga lereng Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo punya cara tersendiri.

Mereka menggelar upacara bendera merah putih di area rumah kuno, bekas peninggalan Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1922, berlokasi di sebelah Pom, Kecamatan Sukapura.

Guna memeriahkan suasana perjuangan, peserta upacara juga melakukan aksi teatrikal peristiwa pertempuran Surabaya, yang mengisahkan perjuangan tentara Indonesia melawan pasukan Inggris.

Selain mengenakan pakaian perjuangan, peserta upacara yang merupakan warga dan Muspika Sukapura, menampilkan aksi teatrikal layaknya dalam suasana peperangan sesungguhnya.

Suara dentuman meriam dan letusan bunyi senjata, terdengar dalam momen peringatan hari Pahlawan kali ini.

Sorak – sorai penonton pun bersambut, kala pejuang Indonesia berhasil mengibarkan bendera merah putih, di rumah kuno yang dijadikan replika hotel Yamato, Surabaya.

Camat Sukapura, Yulius Christian mengatakan, selain menggelorakan semangat perjuangan dan cinta NKRI, diadakannya aksi teatrikal dalam di sela – sela upacara peringatan 10 November.

Bertujuan mengenalkan sejarah perjuangan arek – arek Suroboyo, mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia.

Melalui Kesan kuno, bangunan peninggalan jaman, diharapkan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke bangunan setempat.

“Tentunya melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan jika semangat merah putih dan nasionalisme itu masih ada, serta terus berkobar,” kata Yulius, Jum’at (09/11/2018).

“Ini cara kami, masyarakat Sukapura menyampaikan semangat kemerdekaan untuk Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Anton salah seorang peserta upacara, yang juga salah seorang siswa sekolah menengah pertama setempat mengaku, bangga bisa ikut menjadi bagian dalam upacara peringatan hari pahlawan.

Momen tersebut, memberikan semangat baginya untuk cinta negara, bangsa, dan menghargai perjuangan para pahlawan.

“Bangga tak terhingga, semoga negara Indonesia tercinta terus maju, serta para pelajarnya bisa berprestasi hingga mengukir nama di kancah dunia,” ujarnya. (Zulkiflie)

Check Also

LEWAT iPROBO, TINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *