Selasa, 11 Desember 2018, 8:23
Home / NEWS / LEWAT KAPAL NUSANTARA 1 , TOL LAUT PROBOLINGGO SIAP DIFUNGSIKAN

LEWAT KAPAL NUSANTARA 1 , TOL LAUT PROBOLINGGO SIAP DIFUNGSIKAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Guna mendukung program pemerintah pusat, dalam mempermudah pendistribusian barang antar pulau, Rabu (14/11/2018).

Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo, segera mengoptimalisasikan jalur tol laut, dengan mendatangkan Kapal Logistik Nusantara 1, dengan berat 7.738 Grosstone.

Meski kapal tersebut, kali pertama bersandar di Pelabuhan Probolinggo. Namun dalam proses uji coba kapal, memasuki Pelabuhan Probolinggo berjalan lancar.

Sebelumnya kapal peti kemas tersebut, telah terlebih dahulu bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Sebagai informasi, kapal ini merupakan kapal pilihan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

Dimana fungsinya, akan digunakan sebagai kapal pengangkut peti kemas, dengan jalur rute Probolinggo – Makassar – Bitung – Tahuna. Menggunakan kapal ini, akan memangkas waktu perjalanan hingga 14 hari.

Koordinator Pelni Probolinggo, Edi Rudy mengtakan, jika kapasitas kapal mampu membawa 9 container kosong. Akan tetapi secara keseluruhan, juga bisa membawa ratusan container.

“Kapal ini masih pengenalan , nantinya bisa digunakan untuk pengiriman logistik maupun sembako dan lainny,” ujar Edi.

Lanjut Edi menjelaskan, adanya kapal peti kemas bisa mempermudah rute perjalanan, termasuk biaya. Kedepan keberadaan kapal, akan dipromosikan juga ke sejumlah pengusaha di luar Probolinggo.

Senada disampikan, Direktur Utama PT Delta Artha Bahari Nusantara, Ahmad Umar. Menurutnya, menggunakan Kapal Logistik Nusantara 1 bisa efisiensi waktu dan biaya.

“Harapan kami, adanya kapal ini bisa dimanfaatkan pengusaha, maupun masyarakat. Ini masih belum beroperasi. Rencananya awal Desember, sudah mulai beroperasi,” terangnya. (Zulkiflie)

Check Also

LEWAT iPROBO, TINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *